Wisata Sejarah Candi Gedong Songo

Wisata Sejarah Candi Gedong Songo. Bangunan ini berada di Kabupaten Semarang, tepatnya di Dusun Darum yang termasuk Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan ternyata cukup menarik pehatian. Bagaimana tidak, di lokasi ini tersebar 9 candi sesuai dengan namanya ‘Songo’ yang berarti 9 yang berada di pegunungan Ungaran. Sedangkan kata ‘Gedong’ berarti gedung atau bangunan. Bangunan Candi ini adalah Salah satu saksi Sejarah Indonesia.

Pemandangan Indah

Lokasinya berada di ketinggian 1200 m DPL ini memiliki pemandangan yang luar biasa Indah. Selain udara segar diantara hutan pinus Anda juga bisa menikmati kawah dan pemandian air panas yang berada di antara candi 3 dan 4. Komplek candi yang tertata rapi ini hanya bersisa 5 kelompok bangunan yang masih terlihat utuh hingga saat ini. Sementara yang lainnya hanya tinggal reruntuhan bebatuan saja.

Tempat Ibadah

Meskipun kawasan Candi Gedong Songo ini sudah dijadikan komplek wisata cagar budaya masih ada juga Umat Hindu yang melakukan ritual di candi-candi ini. Itulah sebabnya masih sering dijumpai dupa, bunga, atau alat ritual lain di dalam candi yang masih utuh. Membuat keramaian hanya diperbolehkan di sekitar gerbang masuk komplek candi ini. .

Kuatkan Stamina

Untuk singgah di semua komplek Candi Gedong Songo ini sebaiknya siapkan stamina dan perbekalan secukupnya. Alasannya tentu karena Anda harus melewati medan yang cukup terjal dan terus menanjak. Tak tanggung, jarak 200 meter harus Anda tempuh dengan berjalan kaki. Untungnya pengelola sudah meyediakan tangga yang nyaman untuk para pejalan kaki. Jika Anda tidak sanggup untuk berjalan mengitari komplek candi Anda bisa menunggangi kuda yang disewakan beserta pengawalnya dengan jalan yang juga sudah disediakan untuk dilalui kuda.

Arsitektur Candi

Jika dilihat dari bentuk arsitektur candi maka kita dapat melihat candi berbentuk seperti gapura. Menandakan bahwa candi yang berdiri pada abad ke-9 masehi ini adalah peninggaan kerajaan Hindu. Arca-arca dan bentuk patung yang terdapat di hampir setiap kelompok candi berbentuk dewa Ganesha. Dewa pengetahuan yang kepalanya berbentuk kepala gajah .

Itulah beberapa hal menarik dari Candi Gedong Songo ini. Untuk destinasi liburan sekaligus belajar sejara, Wisata Sejarah Candi Gedong Songo layak menjadi pilihan. Bangunan ini berada di Kabupaten Semarang, tepatnya di Dusun Darum yang termasuk Kelurahan Candi, Kecamatan BandunganJika kebetulan Anda sedang berkunjung ke Ungaran atau Semarang Anda bisa jadikan lokasi ini sebagai saah satu tujan Wisata Anda dan keluarga. Dijamin akan menjadi pengalaman wisata bersejarah yang mengesankan.*** (IEN)

3 Comments

Add a Comment