Wireless Charger, Dunia Tanpa Kabel

Wireless Charger, Dunia Tanpa Kabel. Sekitar 3 tahun lalu saya pernah menulis tentang mimpi sederhana. Saya bermimpi ingin punya ruangan yang semua perangkatnya nirkabel. Sering geregetan kalo ngeliat kabel berseliweran ganggu pemandangan. Apalagi melihat kabel panjang menjuntai, atau uwel-uwelan melilit kusut.

wire

 

Tadinya berpikir tak mungkin kita benar-benar terbebas dari kabel. Karena untuk menhubungkan beberapa perangkat elektronik, kabel masih jadi andalan nomor satu. Namun teknologi terus berkembang dan mungkin saja someday kita berada di dunia tanpa kabel. Sejak terciptanya infrared, terus dilakukan inovasi.

 

bluetooth

Infrared hanya bisa terhubung dari jarak dekat dan garis lurus. Paling banyak dipakai untuk remote TV. Lanjut tercipta Bluetooth. Si gigi biru ini bisa menjangkau melingkar dengan radius lumayan jauh tapi tidak bisa menembus dinding seperti adiknya, yaitu WiFi.

 

WiFi

Wifi saat ini menjadi suatu kebutuhan pagi para pengguna gadget. Ngopi-ngopi harus nyari tempat yang ada wifi. Makan di Resto & Cafe harus ada wifi. Ruang tunggu kereta – pesawat harus ada Wifi. Kalau bisa ruang tunggu dokter & rumah sakit juga ada wifi. Orang zaman sekarang itu pada nggak bisa lepas dari gadget yang terhubung ke internet. Baca berita online, main games online, bersosial media pun perlu online. Pantas kan kalo wifi jadi ratu. Karena nggak perlu kabel, modem dan tetek bengek lain. Praktis.

Hanya saja yang belum bisa dilakukan dengan wifi adalah pengisian baterai. Untuk menCharge smartphone, tablet dan laptop, kita masih harus bawa charger plus kabelnya untuk dicolokin ke sambungan listrik. Atau paling nggak bawa Power Bank, yang juga beserta kabelnya. Eitss.. itu duluu… sekarang ternyata kabar baiknya sudah nongol. Sudah beredar yang namanya Wireless Charger, yang juga menggunakan teknologi wifi.

Saya pertama kali mencoba wireless charger beberapa bulan lalu di booth pameran salah satu provider GSM. Ada sebuah meja yang disediakan untuk para pengunjung mengisi baterai dengan gratis. Tinggal meletakan smartphone kita di atas sebuah lingkaran kecil diatas meja. Tersedia banyak lingkaran. Duh apa ya saya harus nyebutnya si lingkaran itu. Emang bendanya hanya tipis dan berbentuk lingkaran. Tapi bisa ngecas hape ciyusszz.. 😀

Wireless Charger

Pengisi Baterai nirkabel

Hanya berbentuk lingkaran tipis

Cari sana sini ternyata mulai banyak yang jual charger tanpa kabel ini. Apalagi jika kita cari online. Banyak banget pilihannya. Dari yang murah ratusan ribu sampai jutaan bergantung kualitas. Tinggal kita sesuaikan dengan gawai kesayangan, dan bentuknya yang sreg di hati.

Gimana ya cara kerjanya pengisian baterai tanpa kabel ini? Begini ceritanya.. (cepet gelar tiker).. Jadi.. charger wireless ini menggunakan teknologi pengisian induktif. Yaitu transfer energi antara dua benda menggunakan kumparan induksi. Kumparan menghasilkan medan magnet yang lalu ngirim energi dari pengisian base station (pad) ke kumparan pada perangkat portabel (receiver). Kumparan penerima (pada perangkat elektronik) mengambil daya dari medan elektromagnetik yang digunakan untuk mengisi baterai. Lieur? forget it lah yauw.. yang penting bisa makai dan happy toh!

Sepertinya keinginanku satu persatu terjawab. Asli, benda ini kereeen dan membantu banget. Terutama disaat bepergian. Sering kan kabel charger kita ketarik-tarik nggak sengaja, pas kita ngoprek tas untuk ambil tuh kabel, yang menyebabkan luka di bagian ujungnya. Kalau sudah begini, serat kabel akan terlihat dan nggak lama.. wassalam. Say goodbye sama tuh kabel, lembiru solusinya.

Rectangle shape wireless charger

Ada juga yang berbentuk segi empat

Ruang kerja dan meja kerja juga terlihat lebih rapi. Pensiunlah dari adu gesek sama kabel macbook, kabel speaker, kabel TV de el el. Pensiun bawa power bank yang berat. Semoga semua perangkat lainnya bisa nirkabel someday. Dan benar tercipta Dunia Tanpa Kabel. I Hope So!

Add a Comment