Warna Warni pada Arsitektur Candi di Indonesia

Arsitektur Candi yang dapat kita lihat pada berbagai candi yang tersebar di wilayah Indonesia adalah salah satu teknologi baru masyarakat Indonesia pada saat itu mengenai seni rancang bangun. Betapa hebatnya pada masa itu mereka mampu menciptakan Candi mulai dari yang berukuran kecil hingga yang sangat besar dengan detil yang begitu sukar. Berikut ciri khas arsitektur Candi bercorak Hindu-Budha yang ada di Indonesia:

Berbentuk Punden Berundak

Punden berundak adalah salah satu ciri khas candi-candi yang ada di Indonesia. Rupanya ini adalah hasil akulturasi masyarakat Hindu-Budha dengan masyarakat Indonesia itu sendiri. Dulunya punden berundak dijadikan sarana bagi masyarakat untuk menyajikan berbagai sesaji untuk dipersembahkan pada para dewa dewi. Zat yang mereka percayai pada waktu itu sebagai yang Maha Kuasa.

Adanya Meja Persembahan

Hampir di sebagian besar candi di dalam ruangan-ruangannya terdapat sebuah meja sebagai tempat persembahan. Pada meja inilah berbagai sesajen ditempatkan. Pun arca Para dewa yang akan disembah oleh penganut Budha atau Hindu. Bentuknya ada yang persegi ada pula yang berbentuk lingkaran, lonjong atau sekadar bebatuan besar yang memang sengaja ditempatkan di sana.

Memiliki Ruang Pemujaan

Ada pula ruang pemujaan yang dibuat untuk melengkapi arsitektur candi. Menjadi tempat umat Budha atau Hindu bersemedi atau bertapa. Biasanya lokasi candi untuk pertapaan ini terletak di lereng-lereng gunung atau perbukitan. Misalnya di Candi Gedong Songo atau Candi Dieng. Tempat yang sunyi, sepi sekaligus indah untuk dinikmati.

Terbuat dari Bebatuan

Bahan pembuatan dari bangunan candi tersebut yang paling banyak adalah batu alam. Sehinga menjadi warna alami tersendiri pada candi-candi yang ada di Indonesia. Hitam keabuan atau hitam pekat dari batu pegunungaan atau kali. Ada juga yang terbuat dari tanah liat hingga berwarna bata atau terlihat seperti tumpukan bata-bata yang disusun sedemikian rupa hingga mebentuk candi yang indah.

Disesuaikan dengan Fungsi Candi

Setiap bagian dari arsitektur candi mulai dari bentuk, lokasi, ornamen-ornamen yang terdapat di luar maupun dalam candi biasanya mengikuti fungsi aslinya. Itulah sebabnya setiap detil memiliki fungsi, arti, dan makna tersendiri. Terutama untuk mereka yang faham betul akan corak budaya Hindu dan Budha. Berpadu dengan komposisi yang baik sehingga terlihat sebagai sebuah karya menakjubkan.***

Add a Comment