Tips Pintar Belanja Online dengan Kartu Kredit

Karyawati-karyawan, eksekutif muda yang tinggal di kota-kota besar biasanya punya kartu kredit. Merekapun gemar berbelanja online menggunakan kartu kredit. Perkembangan toko online di Indonesia ini cukup pesat. Bahkan sudah banyak masyarakat yang tinggal di daerah cukup terpencil berbelanja online. Ya karena pilihan barang begitu beragam tanpa harus pergi jauh. Belum tentu pula di daerahnya tersebut ada yang menjual barang yang ia butuhkan. Biasanya mereka menggunakan metode pembayaran setor tunai atau transfer bank.

Belanja Online dengan kartu kredit adalah satu opsi pilihan pembayaran yang disukai. Bagaimana tidak, mobilitas yang semakin tinggi dan waktu yang semakin terbatas membuat orang beralih pada cara belanja Online ini. Terlebih bagi mereka kelas menengah ke atas yang sudah menjadikan kartu kredit sebagai salah satu alat bayar yang mudah dan praktis. Tapi hati-hati, Anda tetap harus waspada dengan kenyamanan yan ditawarkan kartu kredit. Jika tidak hati-hati bisa jadi terlilit hutang, karena tagihan yang membengkak. Bisa karena belanja Online yang tak terkontrol atau digunakan hacker.

Tips Pintar Belanja Online dengan Kartu Kredit

 

Untuk itu, sebelum Anda berbelanja Online, ada baiknya Anda perhatikan beberapa tips pintar berbelanja Online dengan Kartu Kredit berikut ini:

Gunakan Gadget Milik Sendiri

Dengan menggunakan gadget miliki sendiri Anda dapat bertransaksi lebih aman. Upayakan pakai smartphone, tablet atau laptop yang bersih dari virus. Setidaknya Anda dapat terhindar dari pencurian data perbankan oleh orang lain. Lebih aman lagi dengan memasang anti spyware atau antivirus yang terpercaya dapat membuat gadget bebas dari virus atau spy ware yang dapat mengakses data pribadi Anda.

Pilih Toko Online yang Terpercaya

Memilih toko Online yang terpercaya sudah tentu harus Anda lakukan. Alasannya tentu selain agar Anda mendapatkan barang yang tepat dan sesuai dengan keinginan, juga menghindari Anda dari penipuan. Jangan sampai kartu kredit Anda terkuras sementara Anda harus gigit jari karena barang yang Anda pesan tak kunjung tiba. Ketika Anda mencoba komplain, website toko Online tersebut tidak bisa diakses.
Baca juga : Tips Memilih Online Shop Indonesia Murah dan Terpercaya

Untuk itu sebelum bertransaksi pastikan alamat kantor toko online tersebut, alamat dengan https:// lebih baik ketimbang hanya http://. Cek juga email, no telpon yang bisa dihubungi. Tidak ada salahnya pula Anda mencoba untuk browsing untuk mengetahui lebih lanjut mengenai track record toko online tersebut. Toko Online yang bereputasi baik tentu akan banyak testimoni yang datang dari mereka yang sudah berbelanja di sana. Mulai dari barangnya, ketepatan waktu, pelayanan, dll. Sebaliknya jika reputasinya kurang baik maka akan lebih banyak komplen dari pelanggannya.

Pastikan Alamat Website Toko Online Anda Sudah Benar

Ketika Anda berniat untuk berbelanja Online di sebuah website pastikan penulisan alamat website sudah benar. Saat ini tidak sedikit para penjahat yang memanfaatkan situs berbelanja Online yang sudah tenar untuk menambil keuntungan. Mereka membuat website yang mirip dengan website toko Online yang asli. Itulah sebabnya tidak sedikit pelanggan yang terkecoh dengan situs Palsu ini hingga mereka menjadi korban penipuan akibat berbelanja Online pada alamat Website yang salah.

Hati-hati juga ya kalau anda mengklik banner iklan suatu toko online atau situs perbankan dari sembarang tempat.. Pastikan memang anda diarahkan menuju website yang tepat. Pastikan alamat yang dituju tidak kurang satu hurufpun. Karena bisa saja pihak yang tidak bertanggung jawab sengaja mencatut banner dan mengalihkan ke tempat lain.

Sudah ada beberapa website toko online yang melakukan dobel validasi. Ketika pembayaran dengan kartu kredit mereka akan mengirimkan kode ke nomor selular pemilik rekening. Kode ini harus dimasukan sebelum transaksi bisa diselesaikan.

Catat Semua Transaksi dengan Kartu Kredit

Jika sudah belanja Online dengan kartu kredit catat berbagai hal yang menyangkut transaksi. Mulai dari alamat website tempat berbelanja Onliine, kode barang, warna barang, no. transaksi, dll. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pengecekan terhadap transaksi Online yang sudah Anda lakukan dengan kartu kredit Anda. Cara ini akan sangat membantu Anda jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan. Bisa jadi jika ada keganjilan dalam transaksi yang dilakukan terutama secara teknis. Anda bisa segera melakukan pembatalan transaksi tersebut pada bank penerbit kartu kredit Anda.

Selain itu Anda juga harus sigap jika merasa ada yang aneh dalam tagihan bulanan Kartu Kredit Anda. Segera hubungi bank penerbit kartu kredit dan minta klarifikasi atas kebenaran tagihan tersebut. Jika ternyata ada yang salah, pastikan untuk segera dikoreksi agar tagihan Anda tidak membengkak dan Anda hanya membayar sesuai dengan penggunaan kartu kredit yang memang benar-benar Anda gunakan untuk bertransaksi belanja Online dengan kartu kredit.

Jangan Lupa Sign Out

Jika transaksi Online sudah dilakukan jangan lupa untuk keluar (Log-out atau sign out). Cara ini menghindari orang lain menggunakan acoount Anda untuk berbelanja On line. Bila perlu hapus selalu history penggunaan gadget yang Anda gunakan untuk berbelanja Online dengan kartu kredit tersebut. Hapus active login, cookies dan cache atau gampangnya sih ya Clear All. Dengan begitu jejak Anda tidak akan mudah diketahui oleh orang lain yang mungkin mempergunakan gadget Anda. Biasanya orang-orang terdekat atau mereka yang berada di lingkungan Anda.

Pastikan Anda juga tidak pernah melakukan save pasword untuk account-account yang sifatnya perbankan atau privat. Ini untuk mengindari siapa saja untuk mengakses account perbankan Anda. Bila perlu pasang pasword untuk gadget yang biasanya Anda gunakan untuk belanja Online dengan kartu kredit. Sehingga gadget Anda aman secara keseluruhan. Terutama yang berkaitan dengan keuangan yang sifatnya riskan ini.

Itulah beberapa cara pintar untuk Belanja Online dengan Kartu Kredit. Sebaiknya pilih limit yang paling kecil untuk kartu kredit yang biasa Anda gunakan untuk berbelanja Online. Selain mencegah Anda dari penyakit shopaholik Anda juga dapat sedikit mengerem pengeluaran Anda untuk berbelanja barang-barang yang sebetulnya tidak terlalu Anda butuhkan. Trik ini juga dapat mengamankan Anda jika ternyata kartu kredit Anda disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Anda tidak akan terlalu besar menanggung resiko kerugian akibat kejahatan tersebut. Sudah siapkah belanja Online dengan kartu kredit?***

8 Comments

Add a Comment