Tips Memasak Praktis dan Cepat

Sebagai seorang ibu yang harus mengurus makan keluarga, tetapi juga sibuk bekerja, sangat membutuhkan resep memasak praktis. Juga perlu beberapa cara mensiasati kebutuhan pembagian waktu untuk memasak yang cepat dan singkat. Mungkin tulisan ini berguna untuk para ibu muda dalam mempersiapkan diri sebagai ibu yang baik, wanita karir plus ratu dapur.

Tips Memasak Praktis dan Cepat

Resep masakan praktis dan cepat pastinya mudah Anda dapatkan. Namun yang biasanya terjadi, resep tersebut tiada lain menggunakan bahan-bahan instan. Walhasil kepraktisannya hanya dikarenakan kemudahan untuk menyajikannya. Frozen food saat ini menjadi primadona. Anda cukup menggoreng, mengkukus atau memanggangnya saja. Tetapi, apakah Anda yakin makanan yang Anda sajikan ini sehat? Setidaknya memenuhi standar kesehatan seperti bebas bahan pengawet, dll.

Sementara berbagai penelitian menyebutkan bahwa berbagai makanan cepat saji setidaknya mengandung bahan pengawet. Kekhawatiran lainnya tidak sedikit bahan pengawet yang digunakan ternyata dapat membahayakan bagi kesehatan. Meskipun tidak untuk saat ini, tapi baru terasa dikemudian hari.

Walau bagaimanapun makanan yang berbahan alami tentu lebih baik. Tentunya dengan pengolahan yang baik dan benar sehingga kandungan vitamin dan gizinya tidak sampai rusak. Untuk itu kali ini saya akan coba berikan beberapa resep masakan praktis dan cepat, serta sehat tentunya berdasarkan pengalaman 20 tahun menjadi ibu rumah tangga.

Tips Memasak Praktis dan Cepat

            Ada beberapa tips yang dapat melancarkan perjuangan Anda dalam membuat berabagai aneka makanan dengan praktis dan cepat. Tips ini akan sangat membantu Anda dalam proses memasak mulai dari bahan hingga siap dihidangkan. Berikut tipsnya:

  • Jika Anda akan berbelanja bulanan biasakan untuk mempersiapkan menu yang akan Anda buat setiap harinya. Percayalah, ini akan mempersingkat waktu dalam memikirkan menu apa yang akan Anda buat pada setiap harinya yang terkadang membuat waktu Anda terbuang hanya untuk berpikir.
  • Catat bahan-bahan yang dibutuhkan apakah bisa dibeli pada saat belanja bulanan atau tidak. Untuk daging, ayam dan ikan Anda bisa simpan di freezer sementara sayur dan buah bisa Anda beli setiap 2 hari sekali. Tentunya dengan menyesuaikannya dengan menu yang akan Anda masak hari tersebut. Sehingga pastikan untuk menyiapkan catatan apa saja yang harus Anda beli pada waktu belanja sayuran 2 harian tersebut.

Shopping list

  • Untuk daging jangan lupa untuk mengeluarkannya dari freezer dan pindahkan ke kulkas bagian bawah minimal malam harinya agar ketika pagi hari daging siap diolah. Jika Anda memasak untuk sore hari keluarkan daging di pagi harinya. Jika memungkinkan untuk dipotong-potong maka potong terlebih dahulu setelah dibersihkan dan sebelum disimpan ke dalam freezer.

Daging

  • Untuk sayuran yang sudah dibeli segera cuci bersih lalu bungkus dalam plastik atau wadah kedap udara seperti Tupperware untuk disimpan di lemari es. Jika memungkinkan Anda bisa memotong-motongnya terlebih dahulu agar siap digunakan ketika Anda akan mengolahnya dengan resep masakan praktis dan cepat.

Sayuran

  • Untuk bumbu-bumbu setelah dibeli upayakan untuk diperlakukan hingga siap diigunakan. Misalnya untuk bawang merah dan bawah putih. Untuk keperluan menumis setelah dikupas lalu iris. Jika Anda membutuhkan bumbu dapur yang halus maka setelah dikupas, ulek atau diblender secara terpisah. Pun dengan kunyit, merica dan ketumbar. Untuk yang bersifat basah Anda bisa simpan di kulkas sedangkan yang kering bisa disimpan di tempat bumbu pada suhu kamar.

Bumbu Dapur

  • Simpan peralatan dan perlengkapan masak utama pada tempat-tempat yang mudah terlihat sementara alat-alat masak khusus disimpan pada tempat khusus. Dengan begitu ketika Anda membutuhkannya tidak harus memakan waktu mencarinya.

Peralatan memasak

 

Beberapa tips persiapan pengolahan memasak ini cukup sederhana. Semoga membuat kegiatan memasak kita lebih menyenangkan dan bukan menjadi beban karena keterbatasan waktu.

One Response

Add a Comment