Tips Asyik Menulis Artikel

Tips Asyik Menulis Artikel

Perlukah tips asyik menulis artikel? Artikel adalah salah satu jenis tulisan yang gampang-gampang susah. Gampang karena kita tidak harus berimajinasi. Kita tidak harus menjadi orang yang berimajinasi tinggi untuk bisa menulis artikel. Susah karena terkadang kita kesulitan untuk mendapatkan fakta-fakta yang akan kita kumpulkan untuk menjadi bahan tulisan kita.

Tapi tunggu dulu, yang akan kita bahas kali ini artikel yang dimaksud bukanlah sebuah berita. Alasannya karena fakta-fakta dari sebuah berita sudah selayaknya didapatkan dengan adanya proses wawancara untuk mencari narasumber. Begitupun unsur fakta dan aktualitasnya yang membedakannya dengan artikel.

Tips Menulis Artikel

Dengan kata lain satu poin yang kita dapatkan bahwa artikel yang dimaksud bersifat long term. Tidak kekinian seperti kita menulis sebuah berita apalagi berita televisi atau radio atau bahkan situs berita on-line yang sifatnya straight news. Alasannya karena keaktualannya yang justru menjadikan berita tersebut bernilai tinggi. Sementara untuk atikel justru kelengkapannya. Terutama jika artikel itu ditulis untuk sebuah jurnal atau majalah.

Sekarang kita persempit lagi dengan menulis artikel untuk web content. Artikel yang disajikan untuk para pembaca blog atau website tetentu. Biasanya mereka yang memang mencari informasi sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing. Sehingga akan begitu banyak artikel yang dibutuhkan untuk semua orang yang ada di dunia ini. Itulah sebabnya artikel web content menjadi salah satu kebutuhan para internet marketer di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kali ini yang akan kita bahas bukan hanya sekadar pada kontennya melainkan pada kemudahan dalam proses penulisan artikel tersebut. Termasuk kondisi yang dibutuhkan agar penulisan artikel dapat dilakukan dengan mudah dan lancar dan tentunya sesuai dengan keinginan kita atau klien jika artikel tersebut adalah artikel pesanan. Berikut tips asyik menulis artikel untuk Anda:

Siapkan Kondisi Badan

Menyiapkan kondisi badan tentu salah satu syarat utama untuk menulis artikel. Alasannya tentu karena badan yang fit memastikan bahwa kita siap untuk bekerja. Apalagi menulis adalah salah satu pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Kondisi badan yang kurang fit dapat membuat daya konsentrasi kita juga berkurang sehingga berimbas pada hasil tulisan kita.

Sebetulnya ini tidak mutlak karena tuntutan pekerjaan terkadang membuat kita mengabaikan kondisi yang tidak begitu mengganggu konsentrasi. Oleh karena itu jalan terbaik adalah selalu menjaga kondisi badan agar jangan sampai terena penyakit. Dengan begitu, kita selalu siap menulis artikel sebanyak apapun yang kita bisa jika itu memungkinkan. Terutama untuk artikel reguler yang harus ditulis secara berkala.

Tips Asyik menulis artikel

Pastikan Tema yang Akan Ditulis

Biasanya pemilihan tema ditentukan terlebih dahulu sebelum memilih kata-kata kunci yang akan digunakan dalam setiap artikel. Bahan untuk artikel pesanan para klien seringkali sudah mempersiapkan kata kunci untuk setiap artikelnya. Ini tentu memudahkan penulis untuk berkonsentrasi pada artikel yang akan ditulisnya tanpa harus memikirkan kata kunci yang tepat untuk kepentingan klien.

Jika sudah mendapatkan tema-tema nya atau lebih spesifik lagi pada kata kuncinya maka kita bisa memilih apa yang akan kita bahas dalam artikel yang akan kita buat. Untuk memudahkannya tentunya kita harus memiliki gambaran mengenai kata-kata kunci tersebut. Ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan sumber yang tepat sesuai dengan kebutuhan untuk bahan tulisan kita.

Siapkan Sumber-Sumber yang Memungkinkan

Sumber untuk bahan asyik menulis artikel bisa dari apa saja. Mulai dari buku, majalah, surat kabar, taloid, e-book atau bahkan artikel lain yang bisa kita dapatkan dari internet juga. Untuk yang terakhir pastikan koneksi internet tidak bermasalah sehingga kita tidak akan mengalami kendala dalam proses pencarian data ini.

Satu hal yang harus diingat jangan pernah melakukan copy paste. Karena hal ini akan membuat artikel kita menjadi buruk setidaknya di mata SEO. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek originalitas tulisan ini. Untuk menjaga agar tidak sampai terdeteksi sebaiknya jika menggunakan bahan dari website yang lain sebaiknya dibaca secara keseluruhan lalu tulis dengan gaya penulisan sendiri.

Siapkan Berbagai Perlengkapan yang Dibutuhkan ketika Menulis

Perlengkapan yang dimaksud mulai dari lokasi yang tepat untuk menulis. Ini disesuaikan dengan kepribadian dan kenyamanan Anda. Terkadang ada penulis yang senang menulis dalam suasana hening namun ada juga yang justru menyukai keramaian. Selain itu carger lap top atau bahan batrai cadangan untuk memastikan penulisan Anda tidak akan terhambat hanya karena kendala teknis.

Perlengkapan lain yang tak kalah penting juga camilan, air putih, dll yang biasanya membuat Anda lebih asyik menulis artikel. Karena walau bagaimanapun duduk dalam waktu yang cukup lama akan membahayakan kesehatan Anda jika tanpa asupan yang diperlukan yang memang perlu Anda konsumsi dalam aktivitas menulis Anda. Siapkan camilan yang sehat yang siap Anda santap ketika rasa lapar melanda di tengah aktivitas menulis Anda.

Siapkan Kopi sebagai Teman Siaga

Ini adalah tips asyik menulis artikel yang terakhir namun merupakan salah satu yang justru tidak boleh Anda lupakan. Alasannya karena kopi bisa menjadi penyelamat Anda ketika rasa kantuk atau mata lelah menyerang. Menyeduh kopi, menghirup, dan meminumnya selain untuk merefresh otak Anda juga dapat membuat stamina Anda bugar kembali. Terutama menghilangkan rasa kantuk dan mengembalikan konsentrasi untuk menulis. Selamat mencoba!***

Lisa Gopar Menulis dengan cinta

7 Comments

Add a Comment