Sosok Dibalik Terkuaknya Candi Borobudur

Candi Borobudur yang megah ini tidak berdiri begitu saja. Banyak cerita hingga kisah-kisah yang hingga kini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Theodorus van Erp adalah salah satu yang berjasa menguak banyak hal dibalik kemegahan Candi Budha terbesar ke-2 di dunia ini.

Candi Borobudur

Siapa van Erp?

Pria bernama lengkap Theodorus van Erp ini adalah orang yang dipercaya memimpin pemugaran Candi Borobudur oleh pemerintahan Hindia Belanda. Pemugaran di atas kepemimpinannya dimulai dari tahun 1907 hingga 1911. Ketertarikannya akan Candi ini membuatnya dengan gigih berusaha untuk membuka potongan sejarah hingga hasilnya dapat kita nikmati sekarang ini.

Pekerjaan aslinya tidak lain adalah seorang ahli teknik bangunan di Genie Militer dengan pangkat letnan satu. Ketertarikannya pada Candi yang harus ia pugar membuatnya bekerja keras untuk tidak hanya menemukan bentuk asli dari Candi tapi juga mengenai falsafah hingga ajaran yang ada di Balik berdirinya Candi yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini.

Kerja Keras van Erp

Untuk mendapatkan bentuk Candi yang ia pugar ia tidak main-main. Penelitian dan studi bandingpun ia lakukan bahkan dalam waktu yang tidak sebentar. Mulai dari India hingga Sri Langka. Di India ia mempelajari falsafah pembangunan Candi serta ajaran yang terdapat dibalik pembangunan Candi. Sementara di Sri Langka ia mencoba mempelajari susunan bangunan Stupa Sanchi di Kandy hingga ia menemukan bentuk Candi Borobudur.

Hasil Kerja Keras van Erp

Dari penelitian dan studi banding yang dilakukannya maka ia menemukan bahwa Candi yang dipugarnya merupakan perwujudan Bakti Raja dan rakyatnya pada ajaran Budha. Sementara rupa dari Candi yang awalnya hanya berupa gundukan bebatuan dan artefak-artefak yang teronggok ia bentuk menyerupai bentuk aslinya yang saat ini dapat kita lihat.

Tentunya ini adalah sebuah proses panjang yang tidak mudah untuk dilakukan. Bagaimana tidak, ini bukanlah perkara menyusun puzzle dua dimensi melainkan 3 dimensi dalam bentuk yang sangat besar. Bangunan yang tidak hanya memiliki perpaduan bentuk yang beragam tapi juga memiliki nilai seni yang luar biasa. Maka sangat wajar apabila Candi Borobudur dinobatkan menjadi salah satu keajaban dunia yang ada di Indonesia.***

Add a Comment