Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia di Era Pra Kolonial dan Era Kolonial

Sejarah Indonesia di Era Pra Kolonial dan Era Kolonial

Sejarah Indonesia adalah sebuah rangkaian perjalanan panjang bangsa Indonesia. Tentunya dengan menelusuri berbagai bukti dan peninggalan sejarah yang terdokumentasikan dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya kita seringkali mendengar kata-kata menulis adalah salah satu cara untuk mengikat sejarah.

Menulis berbagai peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita ataupun bangsa ini secara detil, lengkap, dan menyeluruh. Karena dokumentasi-dokumentasi ini juga sejarah Indonesia akhirnya dapat diketahui dan diinformasikan dari masa ke masa. Terutama jaman setelah dikenalnya tulisan di Indonesia. Tanpa terkecuali tulisan-tulisan yang ditulis dengan tulisan kuno. Sejarah Indonesia Sebelum Mengenal Tulisan: Zaman Batu

Sejarah Indonesia Era Pra Kolonial

Pada era pra kolonial yaitu era dimana bangsa asing belum masuk ke Indonesia. Terutama bangsa Eropa yang bertujuan memperluas kekuasaan mereka atau untuk menjadi bangsa penjajah di Idonesia. Pada era ini kita adalah jamannya kejayaan kerajaan-kerajaan di Indonesia. Termasuk masa berkembangnya agama Hindu dan Budha sebagai agama yang pertama kali dikenal di Indonesia. Sehingga adat budaya Hindu-Budha masih dapat kita lihat hingga kini terutama dari bangunan-banguna bersejarah pada masa itu. Diantaranya berbagai prasasati dan candi yang merupakan hasil budaya masyarakat Indonesia pada masa itu.

Pada masa pra penjajahan ini begitu banyak kerajaan-kerajaan Hindu- Budha yang mengalami puncak kejayaan mereka. Masing-masing memiliki cerita dan sejarah panjang yang beragam pula. Tentu yang diketahui adalah beberapa kerajaan saja yag memang sudah ditemukan dan dapat ditelusuri jejaknya melalui berbagai artefak-artefak sejarah peninggalan peradaban mereka. Hingga tidak sedikit kerajaan-kerajaan kecil yang bahkan belum kita temukan kisahnya karena tida adanya penemuan sejarah mengenainya baik berupa bangunan maupun prasasti yang ditinggalkan oleh mereka.

Dimulailah sejarah Indonesia mengenai penyebaran ajaran Hindu-Budha serta beberapa kerajaan bercorak Hindu-Budha yang sempat berjayaan membuat nama mereka sekaligus raja-raja dan para tokohnya terkenal di seluruh nusantara. Ini berlangsung mulai abad ke-4 hingga abad ke-15. Tepatnya dimulai dari masa kejayaan kerajaan Kutai hingga Kerajaan Malayapura. Candi Kalasan – Candi Kolaborasi Hindu-Budha

Setelah masa itu perdagangan dunia mulai berkembang seiring dengan ditemukannya Indonesia oleh berbagai bangsa lain dari berbagai belahan dunia. Pada abad ke 12 mulailah berdatangan para pedagang atau yang lebih dikenal dengan sebutan para Guzarat dari Timur Tengah. Terutama para pedagang berkebangsaan Arab Saudi yang beragama Islam. Dari mereka inilah cikal bakal penyebaran dan berkembangnya agama Islam di Indonesia ini. Hingga akhirnya agama ini kini masih menjadi agama mayoritas di Indonesia.

Adanya interaksi antara para pedagang dengan orang Indonesia asli untuk berbisnis lama kelamaan berkembang menjadi akulturasi budaya. Tidak sedikit bangsa Arab menikahi orang Indonesia dan menetap di Indonesia. Tidak sedikit pula orang Indonesia yang masuk Islam. Maka kita kenal adanya Wali Songo yang merupakan orang Indonesia asli yang memilii ilmu mengenai agama Islam yang kental. Mereka menjadi penyebar agama Islam di seluruh Nusantara. Terutama di Pulau Jawa dengan berbagai cara yang unik.

Perlahan namun pasti kita juga mulai mengenal gaung dari kerajaan-kerajaan Islam yang juga sempat mengalamami masa kejayaaan. Kita mengenal kesultanan Samudera Pasai, Demak, Banten, dll. Sebagai kerajaan yang bercorak budaya Islam yang kental. Begitupun para tokoh Islam yang terdapat di dalamnya yang cukup berpengaruh dalam perkembangan Islam di Indonesia.

Karena mereka juga kita menemukan berbagai kerajaan yang bercorak Islam dalam arsitektur mereka. Pun dengan mesjid-mesjid yanng merupakan tempat beribadah umat Islam yang tersebar di hampir seluruh penjuru Indonesia. Mewarnai budaya Indonesia denga warna baru setelah sebelumnya didominasi oleh corak budaya Hindu-Budha. Faktor yang Mempengaruhi Penyebaran Candi di Indonesia

Sejarah Indonesia pada Era Kolonial

Ternyata ambisi manusia itu selalu berkembang. Ini bisa kita lihat dari sejarah Indonesia itu sendiri. Bagaimana Bangsa Eropa yang mulanya hanya ingin mengadakan bisnis jual beli dengan Indonesia lama kelamaan berambisi untuk menguasai Indonesia yang kaya akan hasil bumi. terutama dari rempah-rempah yang berlimpah di Indonesia, selanjutnya tambang, dll. Kekayaan alam yang rupanya masih belum terjamah oleh orang Indonesia sendiri. Akhirnya mereka berambisi untuk menguasai Indonesia.Sejarah Indonesia

Mulailah masa-masa penjajahan itu yang dimulai dengan penjajahan yang dilakukan oleh Bangsa Potugis di tahun 1512. Selanjutnya VOC dalam memonopoli perekonomian Indonesia hingga kolonialisme Belanda. Belanda adalah salah satu negara yang menjajah Indonesia dalam kurun waktu yang cukup lama yaitu tahun 1800 hingga pecahna Perang Dunia Ke-II di tahun 1942 yang membuat Jepang mengambil alih kekuasaan sebagai penjajah di Indonesia.

Semasa penjajahan ini tidak sedikit rakyat Indonesia yang melakukan perlawanan. Sayangnya perlawanan yang dilakukan hanya bersifat kedaerahan. Hal ini memicu berbagai gerakan perlawanan mulai dari Rakyat Minahasa, Aceh dengan Perang Padri nya, Rakyat Malaka, hingga Maluku. Pun di pulau Jawa dengan beberapa pertempuran untuk melawan para penjajah.

Akhirnya bangsa Indonesia mulai menyadari akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Perlawananpun dilakukan secara serentak. Tidak lagi dengan jalan perang tapi juga di atas meja. Hingga lahir tokoh-tokoh nasional yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamirkan bahwa Indonesia sudah merdeka. Dia adalah Soekarno-Hatta Bapak proklamator Indonesia yang menjadi puncak momment perjuangan Bangsa Indonesia dalam sejarah Indonesia.***

One Response

Add a Comment