SARIAWAN Luka Kecil tapi Mengganggu

Ibu saya sering sekali terkena sariawan. Terus berulang. Kadang sariawan muncul banyak dan berlangsung lama. Obat-obat bebas sudah tidak mempan, sehingga harus ke dokter. Setelah ke dokter sembuh, tetapi selang 2-3 bulan kambuh lagi. Ke dokter lagi, sembuhnya lama. Selama sakit, tidak bisa mengunyah makanan karena terasa perih. Harus mengonsumsi makanan lunak atau bubur.

Sepertinya, namanya manusia sering mengalami mengalami sariawan, ketika panas dalam. Tetapi biasanya hanya satu luka kecil dan sembuh dengan sendirinya dalam 2-3 hari. Apa yang terjadi dengan ibu saya dapat dikatakann hal yang tidak biasa. KArena sekali terkena sariawan, tidak kurang dari 3 luka kecil, bahkan bisa 4-5 luka di dalam mulut.

Diagnosa awal dikatakan sariawan disebabkan oleh kondisi gigi. Sehingga ibuku dirujuk ke dokter gigi. Ibu menjalani perawatan gigi dan mulut. Ditambal semua gigi yang berlubang. Memang berangsur membaik sariawan itu. Tetapi tetap beberapa bulan kemudian kambuh lagi.

Ketika obat dokter tidak lagi ampuh, ibu mencoba minum jamu. Hasilnya bagus, tapi seperti kejadian awal, setelah beberapa kali pengobatan dengan jamu, tidak lagi cepat sembuh. Penyakit ini kambuhan selama bertahun-tahun, terutama ketika sedang banyak pikiran. Bahkan saat itu ada dokter dari suatu instansi yang vonis “seram” bahwa ibu terkena penyakit serius dan berbahaya. Ibu saya sempat down mendengarnya. Tetapi ternyata tidak pula seseram yang dikatakan dokter tersebut. Sudah 7 tahun berlangsung, bisa dikatakan kondisi lainnya sehat saja. Hanya sariawan masih sering kambuh. Karena itulah saya sering mencari referensi tentang sariawan. Dan inilah hasil pencarian saya mengenai sariawan, yang akan saya bagikan disini.

Sariawan

Apa itu SARIAWAN

Sariawan adalah bahasa awam untuk berbagai macam lesi atau luka meradang yang timbul di rongga mulut. Dalam istilah medis, jenis sariawan yang sering timbul pada rongga mulut disebut aphthous ulcer. Sariawan bisa menimbulkan perih dan sakit, sehingga membuat penderitanya tidak nyaman seperti sulit makan dan sakit kepala. SARIAWAN Luka Kecil tapi Mengganggu

Sariawan bukan penyakit menular tetapi merupakan kondisi yang sangat umum dan dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal umur maupun jenis kelamin. Setiap orang pernah atau akan mengalami sariawan sedikitnya sekali seumur hidupnya.

Bagian yang paling sering dikenai sariawan adalah bagian dalam pipi, bibir bagian dalam, lidah serta langit-langit mulut. Penelitian menunjukkan bahwa sariawan umum ditemukan pada wanita dan orang di bawah usia 40 tahun.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan sariawan, antara lain alergi makanan, stres, kawat gigi, gangguan hormonal, efek antibiotik, defisiensi vitamin B, masalah pada gigi (tambalan kurang baik, infeksi) dan makanan tinggi asam.

Suplemen

lady-909335_640Vitamin B12 (1000 mcg per hari) dan asam folat (400 mcg per hari) untuk memperbaiki jaringan dan mengendalikan sariawan. Defisiensi vitamin B12 diketahui sering menyebabkan sariawan. Vitamin C (500 mg 2 kali sehari) dan flavonoid (200 mg 2 kali sehari) untuk menstimulasi sistim imun. Zinc (15 mg per hari) untuk mempercepat penyembuhan. Acidophilus bifidus (bakteri sehat, 2 kapsul isi 16 milyar organisme) untuk mengendalikan pertumbuhan mikroba berlebihan dalam usus. Acidophilus juga membantu penyerapan vitamin B. Echinacea (200 mg 4 kali sehari) untuk membangunkan elemen-elemen sistem imun. Betakaroten (natural, 15 mg 2 kali sehari) untuk menyembuhkan membran selaput lendir pada rongga mulut dan dinding saluran pencernaan.

 

Apa yang dapat anda lakukan?

Jika tidak ada masalah dengan gigi dan gusi, sariawan dapat dihubungkan dengan imunitas rendah dan gizi buruk. Berikut ini tips menghindari sariawan :

  • Dianjurkan lebih banyak makan makanan yang alami (tidak diproses) terutama sayuran hijau segar. Makanan alami jangan dimasak terlalu lama agar vitaminnya tidak terbuang banyak. Buah segar juga dianjurkan,tetapi buah asam khususnya keluarga jeruk sebaiknya dikurangi dulu karena dapat membuat iritasi luka sariawan.
  • Batasi makanan asin dan pembentuk asam seperti cuka, gula, daging, kopi.
  • Gunakan bawang putih dan jenis-jenis bawang lain dalam masakan. Bawang kaya antioksidan dan baik untuk sistem imun.
  • Makan makanan yang kaya vitamin B, terutama vitamin B5 dan B12, seperti polong-polongan, telur, tauge, brewer yeast dan aneka sayuran.
  • Makan yogurt plain (tanpa pemanis) yang mengandung bakteri acidophilus juga mempercepat penyembuhan.

woman-801711_640

Jika frekuensi sariawan terlalu sering dan banyak, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh, karena penyebabnya bisa dari peradangan yang ada dalam bagian tubuh.

Dosis suplemen adalah dosis untuk orang dewasa. Konsultasikan dengan dokter atau ahli terapi nutrisi sebelum menggunakan suplemen apapun.

Untuk ibu saya mungkin ini karena hormonal dan stress. Sama halnya seperti terjadi pada beberapa orang yang apabila stress bisa tumbuh jerawat, atau gatal-gatal dsb. Apabila kita tanyakan kepada ibu, stress karena apa, biasanya ibu tidak merasa dirinya stress 😀 hanya merasa salah makan. Menurut keyakinan ibu sih karena alergi dengan bahan makanan tertentu. Lalu ibu menjaga makan, banyak konsumsi buah-buahan dan mulai rajin melakukan senam pagi, senam olah pernafasan. Ternyata hal ini baik untuk dirinya. Belakangan ini memang frekuensi kambuhnya jauh berkurang.

Semoga informasi ini bisa menjadi pencerahan bagi yang mungkin sering mengalami sariawan.

7 Comments

Add a Comment