RNB Rider’s Ninja Bekasi berlaga di Indonesia TrackDay Series 3

Dengan wajah kesal, ayah yg baru masuk ke kamar bertanya kepadaku,
Ayah : “Apa anakmu sudah bilang kalau mau ikut balapan?”
Aq : *ekspresi kaget dong, “nggak, belum bilang” lalu bergegas keluar, menemui Raja yang sedang mencuci motornya. “Mas, benar kamu mau balap motor”
Raja: “iya bun, di Sentul”
Selama ini aq nggak pernah melihat anakku ini latihan balap motor. Yang kutahu, olahraga kesukaannya Futsal. Dia berlatih Futsal 2-3 kali seminggu. Memang Raja mengikuti club motor RNB atau Rider’s Ninja Bekasi, dan mengikuti pertemuan seminggu sekali.

“Emang, kamu sudah latihan? sudah persiapan? kok bunda nggak tahu?” tanyaku lagi. Dia hanya diam saja. Rasanya mau sport jantung, baru mau sih.. tapi sebagai emaknya harus tenang plus tegar 🙂 .
Yang kupertanyakan hanyalah kesiapan. Bukan hendak melarang tapi ya khawatir wajar kan..

“Jangan kamu mencoba kayak Tokyo Drift, The Fast & Furious”, lanjutku, sambil mengingat salah satu film keren, dengan adegan balapan membahayakan, yang akhirnya memaksa si ibu mengirim anaknya ke Tokyo untuk diasuh sang bapak.
Raja: “Itukan balapan liar bun, bunda mah mikirnya yang kayak gitu. Ini beda bun, balapan resmi di sirkuit. Yang balapan juga sesama anggota club RNB. Hanya balapan untuk Fun. Masuknya di kategori Safety Riding”

Ayah: “Yaudah kalau safety riding, ayah nggak apa-apa. Nama acaranya apa?”
Raja: “Indonesia Trackday Series 3

Agak mereda sedikit kekhawatiran gundah gulana sang ayah. Yah, daripada dia kebut-kebutan di Jalan, lebih baik pada tempatnya. Langsung deh Bundanya googling tentang acara tersebut.

Persiapan ITS Round 3

Suasana PIT AREA Suasana PIT AREA

Minggu tanggal 16 Agustus, Bunda, Ayah dan Kakak ikut semua mengantar ke arena balap Sirkuit Sentul. Maklumlah ini kali pertama Raja menjajal track balap sesungguhnya. Dengan acara ini, aq jadi tahu bagaimana persiapan untuk memulai balapan, suasana di PIT serta berbagai peralatan penunjang keselamatan. Dan dengan noraknya, baru tahu juga ada alat bernama Transponding yang wajib dipasang di setiap motor peserta. Merupakan Radar yang memberi banyak informasi dari motor pembalap. Sedikit banyak mirip dengan GPS Vehicle Tracker, namun memiliki feature lebih banyak lagi. Alat ini juga yang akan memberi informasi secara cepat apabila ada pembalap yang terjatuh.

 

INDONESIA TRACKDAY SERIES

INDONESIA TRACKDAY SERIES adalah organisasi yang juga sebagai sarana yang pas bagi para pembalap di Indonesia. ITS berniat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan khususnya para pencinta motor sport. Hal inilah yang coba di implementasikan dalam sebuah kegiatan Safety Riding & Track Day yang di gelar secara rutin sebanyak 4 Seri dalam setahunnya. Sebagai upaya menghindari penyalahgunaan motor sport untuk kebut-kebutan di jalan raya serta balapan liar, sehingga dapat membahayakan pengguna motor itu sendiri dan juga tentu dapat membahayakan pengguna jalan raya lainnya, dan sebagai wahana penyaluran dan pembinaan bakat para pembalap muda.

Ada beberapa kelas yang dilombakan di ITS 2015 Round 3 kali ini, yaitu

  1. 150cc PemulaIndonesia Trackday Series Round 3 2015
  2. 150cc 4T
  3. 250cc Pemula A
  4. 250cc Pemula B
  5. 250cc Pemula C
  6. JSBK/SBK
  7. 150cc Profesional
  8. 250cc Profesional
  9. One Make Race RNB

 

One Make Race RNB Rider’s Ninja Bekasi

RNB bukanlah club para pembalap, tetapi adalah komunitas pengendara Kawasaki Ninja di wilayah Bekasi, namun memiliki Racing Division sebagai ajang mengasah kemampuan. RNB merupakan satu-satunya Club atau Komunitas yang diijinkan ambil bagian pada perlombaan kali ini. RNB dinilai sebagai komunitas yang solid dan kompak. Juga tertib dalam berkendara, sehingga layak ikut ambil bagian dalam event ITS 2015 Round 3 ini. Indonesia Trackday Series 2015

 

Ready To Race

Ready To Race

Semua peserta dari RNB berusaha melengkapi diri semaksimal mungkin dengan jaket khusus dan perlengkapan lainnya. Walaupun tidak menggunakan baju khusus balap motor seperti kostum pembalap pro,  tetapi cukup memadai untuk digunakan.

Ada dua tahapan yang harus dilalui sebelum berlomba. Pertama, Free Practice, atau latihan mengenali track di sirkuit. Kedua, QTT atau Qualifying Time Trial. Setelah dua tahap ini dilewati, barulah Race, atau perlombaan yang sesungguhnya.

Sebelum memulai, bunda sudah berpesan kepada Raja untuk tidak emosi. Ini hanya latihan dan jangan terlalu berambisi untuk mengejar menang. Karena usianya yang masih muda, dan baru pertama kali ikut Racing. Sedangkan banyak diantara teman-temannya sudah beberapa kali ikut, lebih senior dan berpengalaman. Ayahnya memberi batasan target, cukuplah maksimal masuk di 5 besar.

Inilah hasil akhir dari One Make Race yang diikuti oleh RNB

Hasil akhir One Make Race RNB

Dengan No 231, masuk di urutan ke 6. Cukuplah untuk pengalaman 🙂

Izdihar Raja, RNB Rider's Ninja Bekasi

After The Racing

Ninja 250 RR Mono

11 Comments

Add a Comment