Ornamen Candi, Mengenal Berbagai Ornamen Candi yang Unik

Ornamen candi adalah salah satu yang menarik dari Candi. Ini menyangkut berbagai detil menarik dan unik yang terdapat pada candi. Baik itu eksterior maupun interior candi. Untuk mengenalnya lebih dekat mari kita kenali beberapa ornamen, yang menjadi ciri khas Candi, yang membuatnya begitu berbeda dengan bangunan lain sebagai bukti kebesaran dan kemegahan sejarah Indonesia.

Ornamen Kala-makara

Ornamen ini hampir selalu ada pada bangunan candi. Kala-makara jika diartikan secara bahasa keseluruhan artinya raksasa dalam wujud binatang yang menakutkan. Namun wujudnya menjadi 2 bagian ‘Kala’ yang bergambar raksasa ditempatkan di bagian atas pintu masuk candi sedangkan ‘Makara’ di bagian bawahnya. Fungsinya sebagai penjaga kesucian candi untuk menakuti para roh jahat.

Ornamen Jaladwara

Onamen ini berbentuk mulut ikan sesuai dengan namanya ‘Jaladwara’ yang berarti ikan. Ia menghadap ke bagian luar candi yang berfungsi untuk mengalirkan air dari kaki candi ke luar candi ketika musim penghujan tiba. Dengan begitu air tersebut tidak masuk ke celah-celah candi hingga merusaknya. Sayangnya candi yang sudah mengalami pemugaran membuat jaladwara tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya sehingga air dialirkan melalui teknik yang lain.

Ornamen Candi - Kala makara

Patung

Patung terdiri dari patung dewa. Ada Dewa Siwa, Dewa Wisnu, Dewa Brahma, Dewa Ganesha, dan Dewa Kuwera yaitu Dewa Kekayaan yang banya dipuja orang. Selaib itu ada pula patung kendaraan-kendaraan dewa-dewa Trimurti. Patung Dwarapala juga bertugas menjaga kekucian candi. Berupa patung raksasa yang berukuran sangat besar, dengan posisi duduk sementara tangannya memegang penggada. Patung ini yang biasanya ditempatkan di pintu utama menuju kompleks candi.

Relief Candi

Relief adalah ornamen ukiran yang digoreskan di atas permukaan batu. Bentuk goresannya ada yang berupa gambar yang bercerita mengenai kisah-kisah cerita dalam agama. Adapula yang sekadar hiasan baik berupa gambar tumbuhan atau bunga. Ada pula yang berbentuk hiasan permadani yang biasanya ditempatkan di bagian dinding kamar candi-candi ini.

Ornamen Puncak Candi

Ornamen yang terdapat pada puncak candi kebanyakan berupa Stupa, bunga ratna atau teratai. Namun ada pula yang berebentuk patung kepala dewa atau sekadar relief. Keberadaan ornamen yang berada di puncak ini memudahkan kita untuk mengenal perbedaan antara satu candi dan candi lainnya.

Semua ornamen candi ini menjadi pelengkap sebuah bangunan candi hingga secara keseluruhan terlihat menjadi lebih sempurna.***

Add a Comment