Ciri Khas Candi Hindu

Candi Hindu memiliki ciri khas yang dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi masuk golongan yang mana Candi yang Anda kunjungi. Cara yang termudah tentu dengan mengetahui ciri-ciri dari bangun candi itu sendiri yang tentunya berbeda dengan candi-candi peninggalan kerajaan-kerajaan Budha. Mari kita mengenal Ciri Khas Candi Hindu yang akan diuraikan di bawah ini.

Berikut beberapa ciri khas yang ada pada Candi yang dibangun oleh kerajaan-kerajaan Hindu:

Ciri Khas Candi Hindusumber foto: Wikipedia

Bentuk Puncak Candi

Candi-Candi Hindu biasanya memiliki bangunan puncaknya berbentuk bunga ratna. Salah satu bunga yang seringkali dijadikan bunga wajib dalam berbagai ritual keagamaan umat Hindu. Bunga ini melambangkan sebuah keagungan dengan keindaan dan kesederhaannya. Selain itu bunga ratna juga memiliki filosofis yang sama dengan ajaran Hindu di mana dalam hidup terdapat siklus kehidupan. Mulai dari biji, tumbuh dengan mekar, dapat tumbuh dimana saja, dapat layu bahkan mati jika sudah dipetik namun bijinya menjadi bunga ratna yang baru, begitu seterusnya.

Kisah dalam Relief

Dua kisah terkenal dalam ajaran Hindu yaitu kisah Ramayana dan Krishna. Relief demi relief seakan menceritakan banyak hal tentang kisah yang terjadi. Tentunya berkaitan dengan berbagai kejaiban yang erat kaitannya dengan kepercayaan dan keyakinan umat Hindu terhadap dewa dewi yang dipujanya.

Arca Sekeliling Candi Hindu

Candi umat Hindu selalu diidentikan dengan Trimurti yaitu Brahma, Siwa, dan Wishnu sebagai dewa tertinggi yang terpenting dalam berjalannya kehidupan. Selain itu terdapat arca Durgamahiasasuramardini, Ganesha, dan Agastya baik di dalam maupun relief dinding candi. Dewa-dewi ini yang menjadi dewa yang dipuja umat Hindu dalam ritual-ritual keagamaannya.

Terdiri dari 3 Bagian Bangunan

Kebanyakan Candi Hindu memiliki 3 bagian bangunan yang terdiri dari Bhurloka, Bhurvaloka, dan Syarloka. Bhurloka adalah bagian candi yang melambangkan kehidupan di dunia yang bersifat fana. Bhurvaloka yaitu bagian tubuh candi yang melambangkan dunia pembersihan dan pemurnian diri, dan terakhir Syarloka yaitu bagian atap candi yag merupkan simbol dunianya para dewa.

Beberapa candi Hindu yang terkenal yang dapat Anda kunjungi diantaranya adalah Candi Gedong Songo, Candi Prambanan, Candi Gunung Sari, Candi Cetho, Candi Asu,Candi Gunung Wukir, Candi Cangkuang, Candi Pringapus, dan Candi Sukuh. Pada Candi-candi ini Anda dapat belajar mengenal Ciri Khas Candi Hindu pada bentuk bangunannya, juga anda akan dapta banyak pengetahuan mengenai ajaran Hindu sebagai salah satu agama yang diyakini sebagian penduduk di Indonesia.***

Add a Comment