Mengenal Candi Prambanan

Candi PrambananCandi Prambanan adalah salah satu candi yang cukup terkenal tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia setelah Candi Borobudur. Menjadi candi kebangganan masyarakat Yogyakarta yang menjadi tempat candi yang tinggi dan cantik ini berada. Namanya diambil dari tujuan pembangunan candi ini yang merupakan pendermaan pada para Brahman Agung yang dibangun sekitar abad ke-9 Masehi.

Candi Persembahan

Candi-candi yang berdiri di seluruh kawasan Candi Prambanan ini dipersembahkan untuk dewa-dewi yang disembah umat Hindu-Budha. Terutama Trimurti yang terdiri dari Dewa Wisnu yang candinya terdiri dari 1 ruangan. Dewa Brahma, candinya terdiri dari 1 ruangan dengan patung Dewa Brahma yang memiliki 4 tangan dan 4 kepala. Terakhir yaitu Dewa Shiwa yang merupakan Candi terbesar dan tertinggi diantara candi lainnya di komplek Candi Prambanan ini dengan 4 ruangan. Sementara dewa yang lain di candi-candi tambahan yang masih berada di kawasan candi utama.

Keunikan

Kawasan Candi Prambanan terdiri dari dua halaman utama. Pada halaman pertama berisi 224 candi Perwara yang merupakan candi pengawal. Sayangnya hanya 2 saja yang masih berdiri kokoh dengan ketinggian 14m. Pada halaman ke-2 berisi 16 candi termasuk 3 candi utama dengan puncak tertinggi yaitu pada candi dewa Siwa yang tingginya mencapai 47m. Hingga menjadikan Candi Prambanan sebagai candi tertinggi

Candi-Candi Kecil

Berikut Candi-Candi tambahan yang beberapa diantaranya masih tegak berdiri menjadikan Candi Prambanan terlihat cantik:
• Candi Nandi, di dalamnya terdapat arca lembu yang merupakan kendaraan Dewa Siwa. Di sekeliling candi tedapat relief yang menggambarkan dewa bulan. Menceritakan tentang pembagian waktu di bumi.
• Candi Garuda, arcanya sudah kosong yang seharusnya berbentuk burung Garuda yang merupakan kendaraan Dewa Wisnu.
• Candi Angsa, arcanya juga sudah kosong yang seharusnya terdapat arca angsa yang merupakan kendaraan Dewa Brahma.
• Candi Apit, terdiri dari 2 bangunan yang berfungsi sebagai penjaga dengan tinggi 14m yang berada diantara candi Trimurti dan Candi Wahana.
• Candi Kelir, Terdiri dari 4 bangunan sebagai penunjuk arah mata angin dengan ketinggian 2m yang berada di setiap pintu masuk.
• Candi Patok, terdiri dari 4 buah candi yang terletak di setiap sudut candi yang berfungsi untuk menaruh sesaji sebagai bentuk persembahan pada para dewa di Candi Prambanan ini.*** (IEN)

2 Comments

Add a Comment