Mengenal Berbagai Jenis Kopi Indonesia yang Terpopuler

Sebagai pencinta kopi rasanya kurang afdol jika tidak mengenal berbagai jenis kopi di Indonesia yang terpopuler. Indonesia memang salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Yang terkenal dari kopi Indonesia itu aromanya yang sangat kuat.

Masyarakat Kita sebagian besar menyukai kopi. Hampir semua warung-warung di pelosok daerah menyediakan kopi khas daerahnya masing-masing. Oleh karena itu mari kita berkenalan dengan beberapa varian kopi yang cukup populer ini. Kopi yang tidak hanya dibuat untuk seduhan minuman saat pagi hari, santai atau sambil mengobrol tapi juga untuk yang lain. Mari mengenal berbagai jenis kopi Indonesia yang terpopuler.

Kopi Robusta

Kopi Arabika

Kopi ini adalah kopi yang memiliki varietas terbanyak di dunia. Itulah sebabnya sangat wajar jika kopi jenis ini begitu populer dan menjadi kopi dengan penikmat terbanyak. Kopi Arabika memiliki aroma khas yang mirip dengan hasil kombinasi antara bunga dan buah dengan sensasi asam yang unik. Jika sudah diseduh cairannya terasa lebih kental, namun memiliki rasa yang lebih halus walaupun tetap pahit.

Kopi Robusta

Rasa dari kopi ini mirip dengan rasa pahit dari cokelat namun teksturnya lebih kasar. Aromanya halus dengan rasa yang sedikit manis. Biasanya menjadi bahan utama pembuatan kopi tubruk. Disajikan dengan diseduh air yang mendidih.

musang luwak

Kopi Luwak

Kopi ini adalah salah satu kopi termahal di dunia. Sensasi rasa kopi yang sudah terfermentasi dalam pencernaan musang luwak menjadikannya memiliki rasa yang khas dan lebih sehat. Konon musang luwak yang cuma ada di Indonesia ini, hanya memilih 2 butir biji kopi terbaik saja dari setiap pohon. Hingga dapat dipastikan kopi yang dipilih benar-benar yang berkualitas terbaik.

Kopi Toraja

Ini adalah salah satu varian kopi arabika yang tumbuh di Toraja. Kandungan asamnya rendah dengan bobot yang berat. Biasanya paling sering disajikan sebagai kopi tubruk atau kopi susu.

Kopi Lintong

Ini juga termasuk varian kopi arabika yang tumbuh di daerah Mandailing , Sumatera Utara. Kadar asamnya sedang dan disukai banyak orang. Bisanya disajikan dalam bentuk kopi hitam. Kopi ini seringkali dibuat pasta untuk mewarnai rambut karena memiliki warna hitam yang begitu pekat.

Itulah beberapa jenis kopi di Indonesia yang paling sering dinikmati. Selain itu ada pula kopi yang cukup terkenal lainnya seperti kopi Aceh, kopi Lampung dan lainnya. Tidak hanya oleh penikmat kopi dalam negeri tapi kopi ini cukup populer juga di luar negeri. Semakin terampil barista meracik berbagai jenis kopi ini, maka kopi tidak hanya sekadar kopi, tapi menjadi kopi dengan rasa yang istimewa. Di Cafe-cafe dan Coffee Shop tertentu, sang barista sering mencampur beberapa jenis kopi, hingga menghasilkan racikan spesial dan istimewa.

Add a Comment