Mengenal Arca Candi di Indonesia

Arca Candi

Arca Candi – Picture from wikipedia

Arca Candi adalah Arca yang terdapat pada Candi-Candi yang tentunya bertujuan untuk media pemujaan terhadap dewa dewi yang dipercaya oleh umat suatu agama tertentu. Dalam hal ini agam Hindu dan Budha yang menggunakan Candi sebagai sarana peribadatannya.

Secara umum arca candi terdiri dari:

Arca Candi Hindu

Arca Hindu yang terdapat pada banyak candi-candi bercorak agama Hindu. Sebaga ciri umum yang membedakan Arca Hindu dengan Budha yaitu jumlah tangan mereka yang berjumlah 4 buah. Beberapa diantaranya yaitu Arca dewa-dewa berikut:

  • Arca Dewa Siwa, di masing-masing tangannya terdapat penghalau lalat, tasbih, kendil dan sebuah trisula.
  • Arca Dewa Wisnu, pada tangannya terdapat cakra, gada, sangka, dan kuncup teratai. Bagi pemuja Dewa Siwa terkenal juga Arca Lingga dan Yoni yang menjadi perlambang kesuburan yang berbentuk alat kelamin laki-laki dan perempuan.
  • Arca Dewa Brahma, pada tangannya terdapat camara dan aksamala.
  • Arca Dewa Ganesha, putra Dewa Siwa yang memiliki kepala berbentuk gajah dengan simbol dewa pada keempat tangannya.
  • Arca Dewa Kuwera, dewa kekayaan yang banyak dipuja. Patungnya sedan duduk di atas karung harta serta dikelilingi periuk yang juga penuh dengar harta kekayaan.

Arca Candi Budha

Berbeda dengan Arca Hindu, Archa Budha justru hanya memiliki 2 tangan.

  • Arca Budha

Archa Budha yang paling mencolok adalah pada bagian wajahnya yang terlihat sangat tenang. Pada bagian rambut ikal dan disanggul di atas kepalanya. Selalu dalam keadaan duduk bersila dengan kedua tangan berada di bagian depan badannya dengan sikap jari tertentu yang dinamakan Mudra. Terdapat sebuah titik besar pada dahinya yang dinamakan Urna. Ciri lainnya yaitu bentuk telinga yang agak besar dan memanjang ke arah bawah.

  • Archa Bodhisatwa

Bohisatwa ini dikenal pula dengan dewa perantara yang menjadi penghubung antara manusia dengan Budha yang sudah ada di nirwana. Arcanya digambarkan dengan sebuah patung dengan bentuk pakaian yang menyerupai pakaian raja-raja yang sangat mewah. Namun tangannya tetap hanya dua tidak seperti Arca Dewa-Dewa yang dipuja umat Hindu.

Mengenali arca candi tentu sangat menarik untuk mengenal lebih dalam mengenai corak Budaya serta kepercayaan Hindu-Budha. Dua kepercayaan yang turut mewarnai corak budaya nenek moyang kita*** (IEN)

Add a Comment