Mengatasi Kram Kaki Ketika Tidur

Sudah 2-3 minggu belakangan in, saya sesekali terbangun tiba-tiba ketika tidur malam karena sakit luar biasa (sedikit lebay) pada betis. Ya.. saya mengalami kram kaki tiba-tiba sampai-sampai suami harus bangun membantu. Kakiku tidak dapat digerakkan. Yang suamiku lakukan adalah menekan kelima jari kaki ke arah atas selama beberapa saat. Kaki ditarik seperti melakukan peregangan untuk pemanasan sebelum senam gitu deh.. . Ketika mereda baru bisa kembali tidur. Pagi harinya saya olesi minyak kayu putih sambil diurut sedikit.

Mengatasi Kram Kaki Ketika Tidur

Benar deh nggak enak banget rasanya. Karena sakit bercampur kaget mengalami sesuatu secara tiba-tiba. Rasa sakit ini dialami di kaki kiri, tepatnya betis sebelah kiri. Tapii… beberapa hari belakangan ini berganti ke betis sebelah kanan.. hiks 🙁

Jadilah saya tanya sini tanya sana dan googling mencari tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Ternyata katanya sih,  saat kita tidur malam hari,  otot pada bagian kaki dan betis menjadi lebih pendek, sehingga rentan diserang kram. Kram betis atau kaki yang terjadi saat malam hari, umumnya banyak terjadi pada remaja  yang melakukan olahraga pada malam hari. Duh.. saya mah bukan remaja dan jarang banget olah raga malam-malam *sigh 😀

Pisang dengan potasium

Konsumsi Pisang dengan kandungan potasium

Tapi ternyata,  faktor pemicu pasti penyebab kram pada betis yang banyak dialami saat tidur malam ini belum diketahui secara pasti apakah penyebabnya. Ya semua serba dugaan. Beberapa faktor potensial yang diduga memicu kram antara lain yakni kurangnya asupan kalsium, potasium, magnesium dan senyawa mineral lain yakni sodium. Bisa juga disebabkan  dehidrasi, serta berkurangnya aliran darah pada otot, karena terlalu lama duduk di kursi tanpa melakukan hal lainnya atau terlalu banyak berbaring. Hmm.. sebagai penulis yang juga ngeblog ya gimana nggak sering duduk ya.

Ketika di kantor dulu, saya memang sering diingatkan untuk berdiri atau berjalan setelah maksimal 2 jam di depan meja. Bukan hanya otot yang akan jadi masalah, tetapi tulang punggung dan mata yang lelah terpapar radiasi komputer. Apakah belakangan ini saya sering terlupa, lebih dari 2 jam depan komputer..?!? wallahu’alam 🙁

Ada informasi lain yang menyatakan bahwa kram kaki merupakan tanda gangguan syaraf. Penumpukan asam laktat, atau mungkin efek samping dari menggunakan obat-obatan tertentu. Mungkin juga terpapar zat beracun dari lingkungan yang dekat dengan daerah industri. Terkena polusi udara cukup parah. Ya semua serba asumsi serba mungkin, yang dengarnya juga ngeri-ngeri sedep *lap keringet. Saya tidak tinggal di daerah industri kok.

Minyak kayu putih minyak tawon makasar

Untuk kasus yang parah atau terjadinya sering, memang sebaiknya ke dokter. Nanti akan dapat obat yang tepat dari dokter. Tetapi untuk kasusku yang terjadinya hanya sesekali, kurasa belum perlu ke dokter. Untuk mengatasi kram kaki ketika tidur, saya cukup membalurkan minyak pijat atau minyak gosok dan urut betis secara perlahan. Pakai minyak gosok yang kita suka dan dirasa cocok. Kalau saya biasanya pakai minyak jenis kayu putih atau jenis minyak tawon dari Makasar. Minum air putih yang cukup dan konsumsi makanan yang kaya kalsium, dan magnesium. Makan 1-2 pisang sehari untuk mencukupi kebutuhan potasium. Alhamdulillah membaik. Semoga tidak kambuh-kambuhan lagi, yang bikin parno kalo mau tidur.

 

 

3 Comments

Add a Comment