Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Kerajaan Maritim

Beberapa Alasan
Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Kerajaan Maritim

Jika Anda masih penasaran dengan pertanyaan “Mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim? “ Maka kali ini kami akan bantu memberikan uraian secara lebih detil mengenai istilah maritim ini. Hingga akhirnya Anda dapat menyimpulkan sendiri bahwa Kerajaan Sriwijaya memang masuk ke dalam kategori-kategori sebuah kerajaan disebut kerajaan maritim.

Wilayah Kekuasaan Kerajaan Sriwijaya

Salah satu pengertian dari maritim itu terletak pada penguasaan wilayah yang terdiri dari beberapa pulau. Ciri pulau ini tentu terdiri dari daratan-daratan yang dipisahkan oleh lautan atau bisa jadi sungai. Pemisahnya dalam bentuk perairan lengkap dengan berbagai potensi sumber daya alamnya yang menjadi milik kerajaan maritim tersebut. Itulah sebabnya kriteria ini menjadi salah satu alasan mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim. Kerajaan Sriwijaya terdiri dari banyak pulau walaupun tidak secara keseluruhan, namun satu wilayah dengan wilayah lainnya dipisahkan oleh lautan atau selat.

Angkatan Laut Sriwijaya berhasil merebut satu demi satu bagian dari pula-pulau tersebut. Satu demi satu wilayah tersebut berhasil ditaklukan dan dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya. Keberadaan pulau-pulau inilah yang memperkuat kemaritiman kerajaan ini. Apalagi dari waktu ke waktu angkatan lautnya berhasil menaklukan semakin banyak pulau-pulau tersebut. Hasinya tentu saja wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya yang semakin luas. Sriwijaya Disebut Kerajaan Maritim Karena 4 Hal

Kerajaan Sriwijaya Menguasai Perairan yang Amat Luas

Alasan berikutnya mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim yaitu adanya penguasaan lautan atau wilayah perairan yang luas dari Kerajaan Sriwijaya ini. Ini adalah salah satu kategori masuknya sebuah pemerintahan dengan sebutan maritim. Kerajaan Sriwijaya memenuhi kriteria ini. Jadilah Kerajaan Sriwijaya ini menjadi kerajaan maritim yang pertama di Indonesia. Penguasaan ini dibuktikan dengan berhasilnya Kerajaan Sriwijaya menguasai Pelabuhan-pelabuhan besar.

Akhirnya pelabuhan besar dan berbagai kegiatan perdagangan di dalamnya dapat dimonopoli oleh Kerajaan Sriwijaya. Pelabuhan-pelabuhan besar adalah sasaran perluasan kekuasaan Kerajaan Sriwijaya. Alasannya tentu saja karena selain menguntungkan secara ekonomi, perairannya yang luas juga dapat dimanfaatkan oleh Kerajaan Sriwijaya untuk kepentingan perdagangan dan politik.

Keunikan Daerah yang Dikuasai Kerajaan Sriwijaya

Kebanyakan daerah-daerah yang dikuasai oleh kerajaan Sriwijaya berada dekat perairan. Daerah pesisir atau pinggir laut atau wilayah yang berada di tepi sunga-sungai besar. Hal ini tentunya membuat wilayah kekuasaannya juga lebih besar kawasan perairannya dibandingkan daratannya. Ini adalah salah satu karakteristik yang merupakan salah satu kategori sebuah kekuasaan disebut sebagai maritim. Pun dengan pemerintahan Kerajaan Sriwijaya.

Sebuah pengertian mengenai istilah maritim ini juga menyebutkan kategori ini untuk menentukan sebuah pemerintahan dikatakan maritim atau tidak. Dengan alasan ekonomi sekaligus politik membuat Kerajaan Sriwijaya lebih menyukai wilayah-wilayah yang dekat dengan perairan. Sungai ataupun lautan tidak menjadi masalah asalkan dapat dijangkau oleh kekuatan militernya yaitu Angkatan Laut Kerajaan Sriwijaya. Itulah sebab unik lainnya yang juga menjadi salah satu alasan mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim.

Pelayaran & Perdagangan dengan Jalur Laut

Kerajaan Sriwijaya memiliki teknologi yang cukup baik dalam pembuatan maupun penggunaan alat transportasi perairan. Entah itu untuk digunakan di sungai atau di laut. Hal ini dapat kita lihat dari salah satu bukti sejarah yang berupa arca di Candi termegah di Indonesia yaitu Candi Borobudur. Candi yang tiada lain adalah salah satu peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Gambar kapal bercadik Ganda pada salah satu arcanya dengan jelas menunjukan bahwa alat transportasi perairan ini merupakan alat transportasi utama mereka.

Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Kerajaan Maritim

Model kapal Sriwijaya tahun 800-an Masehi yang terdapat pada candi Borobudur.

sumber foto : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Borobudur_ship.JPG

Perdagangan dan pemberdayaan angkatan laut Kerajaan Sriwijaya menjadi kegiatan pokok yang dilakukan oleh kerajaaan Sriwijaya. Hal ini berkaitan dengan tujuan mereka untuk mengokohkan monopoli perdagangan mereka dalam menguasai pasar yang semakin luas. Sementara perluasan wilayah kekuasaaan sebagai jalan untuk melancarkan strategi perdagangan hasil bumi yang menjadi sumber ekonomi utama Kerajaan Sriwijaya. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa kehidupan rakyat maupun Raja Sriwijaya sangat bergantung pada hasil kelautan.

Itulah beberapa pengertian mengenai istilah maritim yang sangat pas dengan fakta-fakta yang dapat kita telususri dari sejarah Kerajaan Sriwijaya ini. Menjadi beberapa alasan mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut kerajaan maritim. Hal ini tentu saja menjadi salah satu cikal bakal terciptanya negara maritim yang kini kita tinggali. Sebuah negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari berbagai pulai dan perairan yang luas yang semuanya dikuasai oleh pemerintahan Negara Republik Indonesia. Sebagai salah satu negara maritim yang terluas di dunia.

3 Comments

Add a Comment