Memelihara Kucing Lagi

2015-01-18 22.10.59

3 Kitten ini bisa menghabiskan waktu lama -Bermain Kunci Lemari-

Setelah trauma untuk memelihara kucing lagi karena kematian Austin beberapa tahun lalu, akhirnya kerinduan itu datang lagi. Terutama dari anak-anak yang berulangkali minta untuk pelihara kucing. Sebetulnya saya masih enggan, khawatir mereka bersedih sepanjang hari seperti dulu saat Austin mati. Bukan hanya Austin, beberapa Hamster, kelinci,  kura-kura, ikan dan lainnya yang menjadi hewan peliharaan mereka, berumur tidak panjang.

My Kitten Chesnut and Cheesy

Dengan dukungan penuh dari ayahnya, anak-anak menemukan  kucing lucu usia 3 bulan untuk diadopsi. Ada 3 kitten yang available untuk diadopsi, berwarna abu-abu, hitam dengan sedikit garis putih dan coklat muda. Ayahnya juga penggemar berat kucing. Jadi klop dech. Bingung juga mereka memilih karena semua cakep-cakep. Berdasarkan keyakinan, kita harus memelihara sepasang, laki dan perempuan. Kitten laki hanya yang hitam, yang 2 lagi perempuan.

My Cat Cheesy Choco Chesnut lisagopar.com

So.. akhirnya ketiganya di adopsi. Bertambahlah anggota keluarga kami dengan 3 ekor anak-anak kucing ini. Choco, Cheesy dan Chestnut. Mereka peranakan Maine Coon dan Persia. Untunglah kakak sudah dapat merawat mereka dengan baik dan telaten. Bahkan kakak sangat memperhatikan kondisi hewan kesayangannya ini. Hampir setiap hari, mata, hidung dan telinganya dibersihkan. Membersihkan mata dan hidung dengan tissue lembut. Kalau telinga dengan cutton bud yang biasa digunakan untuk bayi.

Chesnut in the closet

Chestnut suka bermain dimana saja bahkan di dalam lemari

 

Kitten in the washtafel

Kali ini Chestnut main di Washtafel

Yang pertama dilakukan setelah adopsi adalah melakukan vaksin. Hewan kecil ini perlu divaksin agar terbebas dari berbagai penyakit. Vaksin bisa dilakukan di petshop atau di dokter hewan. Setelah itu pemilihan makanan yang baik juga dibutuhkan. Awalnya bingung juga pilih makanan seperti apa. Dokter menyarankan makanan kering, untuk melatih kekuatan giginya, sesekali diselingi makanan basah atau makanan kaleng.

Makanan kering untuk kucing juga ternyata banyak jenis dan macamnya. Dari yang murah hingga mahal. Dari lokal sampai impor, vegetarian,  bahkan ada yang halal dan non halal. Kami memutuskan meneruskan jenis makanan yang sudah biasa mereka konsumsi sebelum diadopsi. Dua bulan pertama pasca kelahiran, biasanya mereka masih menyusu pada induknya. Bulan ketiga bisa disapih dan diberi makanan tambahan.

Seru juga merawat kucing kecil yang masih lincah bermain kesana-kemari. Karena mereka bertiga, mereka berkejar-kejaran sepanjang rumah. Dulu Austin cuma sendirian. Dan ketika sebelah kakinya sakit dia agak susah berjalan. Dokter sering datang ke rumah memeriksa kondisi kakinya. Namun tragedi itu terjadi. Suatu hari kami sekeluarga pergi sebentar ke optik. Saya pikir Austin sudah dikandangnya, ternyata dia tidur di kolong lemari teras belakang rumah. Kami pergi hanya sekitar 2 jam. Ketika pulang, Austin sudah mengambang di kolam ikan koi. Sepertinya dia terjatuh ke kolam dan tidak bisa keluar karena kondisi kakinya yang sedang sakit. Anakku nangis seharian. Sedih sekali. Kebetulan memang ART di rumah saat itu juga sedang keluar sebentar. Biasanya dia selalu memantau keadaan Austin.

Semoga peristiwa seperti itu tidak terulang lagi. Ini cerita tahun lalu saat kami mengadopsi mereka. Sekarang kami memiliki 14 ekor kucing wow juga yaa.. butuh effort yang lumayan mengurus mereka. Cheesy melahirkan 3 ekor anak dan beberapa bulan kemudian Chesnut juga melahirkan 5 ekor anak. Lalu Cheesy melahirkan lagi 3 ekor. Finally dengan beberapa pertimbangan, juga dengan berat hati, Choco kami steril.

Foto-foto disini hanya 3 kucing tertua, foto yang lain banyaakkk, nggak bosen kami fotoin mereka dan tingkah lucunya. Biasanya saya upload di instagram, silakan follow instagram saya kalau mau lihat bayi-bayi kucing yang lain. Kami keluarga yang juga suka kuliner (juga ngemil) makanya mereka semua dinamai dengan nama makanan hihi.. anaknya Cheesy bernama Candy, Cookie dan Bubble. Nah ada 8 lagi anak dan bayi-bayi kucing yang belum diberi nama, ada yang mau nyumbang nama??

Add a Comment