Melacak ABG dengan GPS Vehicle Tracker

Sebagai orang tua, kita seringkali mengkhawatirkan keberadaan anak kita. Terutama anak remaja beranjak dewasa atau ABG, yang juga sudah mengendarai motor sendiri. Sebentar lagi kita tidak perlu khawatir karena telah ada teknologi mudah untuk melacak ABG dengan GPS Vehicle Tracker. Hanya dari genggaman smartphone atau tablet/ipad, kita bisa mengawasi kondisi motor secara realtime.

GPS ini bukanlah teknologi baru. Hampir semua smartphone sudah memakai GPS. Tapi biasanya hanya dipakai sebatas penunjuk jalan. Aplikasi Maps atau Google Maps, sudah ada hampir disetiap gawai keluaran terbaru. Kita bisa dengan mudah menemukan alamat atau lokasi yang kita tuju, lengkap dengan beberapa alternatif rutenya. Agaknya, hampir semua kita sudah paham benar memakai GPS sebagai pemandu jalan.

Melacak ABG dengan GPS Vehicle Tracker

Mototracker Telkomsel

Melacak Motor melalui Komputer desktop

Sekarang teknologi GPS berkembang lagi dengan adanya GPS Vehicle Tracker untuk motor. Dan akses monitor hanya dari handphone atau tablet. Begitu mudahnya. Teknologi seperti ini sudah lama dipakai perusahaan besar untuk mengecek armadanya, namun terbatas dengan pengendalian dari komputer pusat. Biaya yang harus dikeluarkan juga mahal.

Untuk di Indonesia, hal ini masih dalam masa uji coba. Sebagai salah satu yang beruntung mendapat kesempatan trial test, saya ingin berbagi cerita nih tentang teknologi ini. Selaku orang tua yang punya anak ABG pengendara motor, sering dong kita was-was dengan kondisi mereka di jalan. Apa mereka kebut-kebutan di jalan raya, atau bagaimana jika mereka tersesat. Terutama kalau pulang terlambat tanpa kabar. Pasti kita bertanya-tanya dimana mereka dan bagaimana keadaannya. Begitu juga diriku yang selalu memikirkan anakku yang aktivitas sehari-harinya mengendarai motor.

 

GPS Vevicle Tracker

Begini penampakan alat GPS Vehicle Tracker. Alatnya kecil ya.. 🙂

Awalnya ketika mau dipasang, anakku cemberut doongg… ya gimana ya, anak laki-laki. Dia nggak mau ada GPS terpasang di motornya. Mungkin karena merasa diawasi hehe… . Setelah diberi pengertian dan dijelaskan bahwa ini untuk membantu uji coba, dan demi kebaikan bersama, akhirnya dia mengalah motornya dipasangi alat GPS VT ini. Proses pemasangan cukup simple dan mudah, hanya saja dibutuhkan teknisi berpengalaman  untuk memasang alat ini ke mesin motor. Didalam alat ini tersedia slot simcard. Kali ini kami memakai sim card Simpati dari Telkomsel. Ya.. simcard ini yang akan menghubungkan alat GPS VT dengan smartphone yang kita pakai. Karena itulah, teknologi ini merupakan bagian dari M2M, hubungan antara Machine to Machine. Lebih lanjut tentang M2M bisa dibaca disini

Motor yang digunakan anakku adalah Kawasaki Ninja RR Mono 250. Teknisi membutuhkan waktu sekitar 30 menit – 1 jam untuk proses pemasangan. Setelah itu… taraaa.. sudah bisa langsung dipantau melalui smartphone dan tablet. Bisa juga dari laptop atau komputer PC dirumah atau di kantor. Tinggal log-in ke website, masukan username dan password, posisi motor kita sudah bisa terlihat.

 

Pemasangan alat GPS Vehicle Tracker

Pemasangan alat GPS Vehicle Tracker

GPS Pelacak untuk Motor

Sekarang, begitu mudahnya saya melacak keberadaan motor anak saya tersebut. Bisa diketahui posisinya secara tepat, sampai ke alamatnya hanya dari iphone dan ipad saya. Berhenti berapa lama, mampir dimana dan posisi mesin motor menyala atau tidak. Jika dia main kerumah temannya, tak perlu banyak tanya saya tahu posisi rumah jalan apa nomor berapa kelurahan mana. Bahkan kalau tempat dia mampir yang merupakan public service, sudah tercatat di Google Map, sekalian kita akan tahu nama tempatnya, seperti : warung bu Djoko, Pecel Pak Ujang. Saya juga tahu ketika suatu malam dia mampir di pinggiran BKT mampir makan kerang rebus hehe…

GPS Vehicle Tracker from iphone

memonitor melalui iphone

Monitor Mototracker Telkomsel melalui ipad

Memonitor Mototracker Telkomsel melalui ipad

Yang paling asik itu, sayapun bisa mengetahui kecepatan berkendaranya. Ketika motor berjalan dengan kecepatan 50km per jam, saya sebagai emaknya langsung deh sms, “mas… jangan ngebut dong sayang!”. Lalu.. bagaimana kalau kita tidak sempat memantau perjalanan itu secara real time? Don’t worry mom, ada feature Playback. Yang merekam perjalanan terakhir. Kita tekan playback, dan garis hijau segera berjalan memberi tahu titik perjalanan awal sampai akhir. Asik ya .. 😉

Mototracker GPS Vehicle Tracker dari telkomsel

Feature Playback

 

Semua akses kemudahan ini bisa didapat hanya melalui sinyal handphone, dengan paket berlangganan dari Telkomsel. Tapi sabar ya… masih beberapa waktu lagi penyelesaian uji coba baru akan di Launching. Sementara ini, hanya dipakai untuk Corporate atau UKM saja.

Product dari Telkomsel ini sepertinya akan diberi nama Mototracker Telkomsel (masih menunggu konfirmasi). Kapan bisa didapat? tunggu kabarnya selanjutnya segera. Oh yaa.. ada satu hal yang juga bakal asik banget. Walaupun motor tidak dinyalakan, GPS ini akan tetap memberi sinyal informasi. Pokoknya, kalau motor itu bergerak, mesin menyala ataupun tidak, pergerakan bisa tetap terlihat di layar monitor kita. Artinya.. kalau motor kita diincar maling, digotong mereka dalam kondisi mesin mati, atau diangkut pakai pick-up, tetap bisa terlacak. Semoga bisa ketangkap semaling-malingnya sekalian. Cihuy kan ya..

Nah, gimana untuk di mobil? Untuk di mobil, peralatan yang dibutuhkan sedikit berbeda. Kerennya.. untuk mobil, banyak feature lain yang lebih inovatif. Kalau untuk mobil namanya T-Drive, yuk simak apa saja yang bisa dilakukan T-Drive disini.

4 Comments

Add a Comment