Maneki Neko

Maneki Neko

Dua hewan yang paling menarik perhatianku adalah Harimau dan Kucing. Karena itulah saya seringkali memperhatikan patung kucing yang sering terdapat di toko-toko yang biasa disebut Maneki Neko. Banyak yang percaya mereka sebenarnya sekeluarga. Harimau juga sering disebut kucing besar. Entah kenapa saya sangat menyukai karakter harimau dan kucing. Apakah karena saya berasal dari daerah Sumatera yang banyak terdapat harimau 😀 entahlah hehe..

Minggu lalu ketika mampir ke toko emas, kembali saya melihat patung kucing maneki neko berwarna emas berkilau. Pemilik toko warga keturunan Taiwan. Penasaran dong dengan sejarah patung ini, saya lalu googling untuk mencari tahu lebih banyak. Semula, saya berpikir bahwa ini adalah kepercayaan masyarakat dari China. Ternyata justru Maneki Neko berasal dari Jepang.

Fortune Cat, Beckoning Cat

Lucky Cat, Kucing Hoki

Asal kata Maneki Neko

Maneki Neko ternyata bahasa Jepang, secara bahasa berarti “Kucing Mengundang” Maneki Neko adalah patung keramik atau porselen berbentuk kucing dari Jepang. Sebelah tangan kucing (atau kaki depan) diangkat seperti sedang memanggil orang. Patung kucing ini ada yang mengangkat tangan kanan, ada pula yang mengangkat tangan kirinya. Biasanya kucing ini berwarna putih atau emas. Banyak pula yang membuat kucing belang tiga atau Japanese Bobtail (ekornya seperti buntut kelinci) sesuai cerita legendanya.

Maneki neko yang mengangkat tangan kanan dipercaya dapat mendatangkan uang, sementara maneki neko yang mengangkat tangan kiri dipercaya mendatangkan pembeli. Karena itulah patung kucing ini biasa di pajang di toko-toko atau tempat usaha lainnya. Karena pemilik usaha di Jepang dan China percaya maneki neko akan membawa keberuntungan.

Maneki Neko Kucing Keberuntungan

Walaupun Maneki Neko secara harfiah berarti “Kucing Pengundang”, namun banyak istilah lain yang biasa dipakai untuk menyebut patung kucing atau boneka kucing ini, baik dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Diantaranya adalah :

  • Kucing Hoki
  • Kucing Keberuntungan
  • Kucing Pemanggil
  • Kucing Rezeki
  • Kucing Uang
  • Kucing Penyambut
  • Lucky Cat
  • Fortune Cat
  • Beckoning Cat

Banyak ya istilahnya. Sebutan ini bergantung pada kebiasaan di masing-masing keluarga pedagang atau masing-masing daerah. Boneka atau patung kucing ini juga dibuat dengan berbagai macam bentuk dan warna. Adapula beberapa aksesoris pelengkap yang menyertai seperti ikan, batu permata, labu manis, lobak dan logam berbentuk batang. Biasanya tangan kucing memegang kertas doa. Barang-barang ini dipercaya menandakan kekayaan dan nasib baik.

Konon, boneka kucing ini terkenal di kebudayaan China dan Jepang sejak pertengahan abad ke 17.  Muncul pada era Edo (1603-1867 M). Di jaman Jepang modern, pusat kerajinan Kucing Hoki ini berada di pinggiran kota Takasaki yang termasuk dalam Prefektur Gunma. Sampai saat ini masih populer dan biasanya orang Jepang membelinya
pada saat tahun baru sebagai perlambang harapan untuk memperoleh keberuntungan.

Untuk masyarakat Indonesia, kucing keberuntungan tidaklah populer. Dan bukan pula sebuah kepercayaan yang diyakini. Apalagi mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim. Biasanya seorang muslim ekstra hati-hati untuk hal seperti ini. Khawatir ada unsur syirik. Tetapi untuk kaum pedagang Indonesia yang keturunan dari China dan Jepang, masih mempercayai hal ini. Karena banyak juga kita temukan di toko-toko Indonesia sini.

Sekarang patung dan boneka kucing ini makin beragam jenisnya. Dan sudah dibuat dengan baterai untuk penggerak tangan elektrik. Pada masa dulu, untuk toko-toko kecil, patung ini hanya terbuat dari kayu atau gerabah dan berukuran besar. Bahkan diletakkan dengan digantung atap

kucing keberuntungan maneki neko

Patung Maneki Neko besar dipasang di atap

Maneki neko juga dibuat sebagai perhiasan. Seperti toko emas yang saya datangi, menyediakan maneki neko dalam bentuk sendok emas kecil, liontin dll. Sebagai pengembangan, dibuat pula bentuk untuk berbagai macam keperluan sehari-hari, seperti: gantungan kunci, celengan, hingga pengharum ruangan.

Ingin punya Maneki Neko? kalau saya ingin juga punya. Karena saya suka karakter kucingnya ya.. lucuuu dan imut, bukan masalah kepercayaannya 🙂

Maneki Neko Lucu

 

4 Comments

Add a Comment