M2M Machine to Machine Technology

Mungkin kita pernah mendengar sekilas tentang hal ini. Apa itu M2M? Kalau anda pernah mendengar mengenai IoT (Internet on Thing) anda akan segera memahami teknologi ini. Suatu teknologi teranyar yang merupakan turunan lanjutan dari IoT, yaitu M2M atau Machine to Machine Tecnology.

Internet of Things (IOT) sendiri adalah konsep komputerisasi yang dimana benda-benda fisik sehari-hari akan terhubung ke Internet dan dapat mengidentifikasi diri mereka ke perangkat lain. Istilah ini erat diidentifikasi dengan RFID sebagai metode komunikasi, meskipun dapat pula mencakup teknologi sensor lainnya, teknologi nirkabel atau kode QR. IOT menggambarkan sebuah dunia di mana apa saja dapat dihubungkan dan berkomunikasi dengan cara yang cerdas. Dengan kata lain, dengan Internet of Things, dunia fisik menjadi satu sistem informasi yang besar.

What is IoT? Apakah itu IoT?

Apa itu M2M Machine to Machine Technology ?

M2M merupakan Komunikasi antar Mesin. Bukan hanya Manusia saja yang berkomunikasi, mulai saat ini telah dikembangkan komunikasi antar mesin. Komunikasi dimungkinkan dengan menggunakan perangkat cerdas tertanam dalam mesin yang menangkap data dan mentransmisikan tanpa kabel.

Terpikirkah anda mengenai teknologi yang mampu melakukan penghematan dibanyak bidang? Mengurangi biaya operasional kendaraan, melakukan pencegahan kerugian akibat sumber daya yang tidak efisien. Coba banyangkan tentang otomatisasi pencahayaan dan peralatan, perangkat keamanan dan memonitor konsumsi energi, dan semua itu dikontrol melalui aplikasi mobile.

m2m machine to machine Technology

Lalu anda bisa memegang kunci dari solusi mengenai perilaku analisis mengemudi. Anda dapat mengumpulkan data dari kendaraan Anda dan kemudian secara otomatis berpikir dan membuat analisia untuk memberikan saran bagaimana menjadi pengemudi yang baik. Sehingga akan membantu untuk mengelola kendaraan dan pengemudi. Apabila anda seorang owner dari sebuah perusahaan atau UKM, teknologi M2M yang dipasang di mobil perusahaan,  akan mengetahui biaya operasional dan perilaku pengemudi perusahaan. Dan itu akan membawa nilai lebih bagi perusahaan, untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi produktivitas. m2m teknologi

Teknologi anyar ini dapat melacak, memantau dan mengendalikan semua aset bergerak secara real time dan dapat diakses melalui komputer desktop di perusahaan. Selain itu juga dapat menggunakan gadget mobile sebagai pusat informasi kapan saja dan dimana saja.

Bagaimana Perkembangan M2M di Indonesia?

Teknologi ini sudah mulai diterapkan pula di Indonesia. Beberapa operator besar sudah mulai mengembangkan perangkat-perangkat pendukung dan sarana yang akan menunjang beroperasinya di Indonesia. Beberapa perusaahaan besar juga UKM telah pula mempersiapkan diri untuk menerapkan solusi smart ini. Sebuah solusi terkini yang mudah dan cerdas akan segera hadir dan dapat dinikmati khalayak. Mari kita tunggu kehadirannya.

 

3 Comments

Add a Comment