KOPI LUWAK HALAL ATAU HARAM

Kopi Luwak adalah kopi yang berasal dari kotoran hewan Musang. Baik itu musang liar ataupun musang hasil penangkaran. Masih Ragu apakah Kopi Luwak Halal atau Haram? Bagaimana sih hukum halal atau haramnya kopi dari kotoran musang ini? Hal ini pernah menjadi perdebatan lumayan sengit khususnya di kalangan umat muslim. Kopi Luwak ini sangat enak diminum dan harganya sungguh mahal. Sehingga merupakan bisnis gurih di negara-negara pencinta kopi.

Kopi Luwak Halal atau Haram

Kopi Luwak Halal atau Haram?

Berikut beberapa argumentasi yang pernah jadi perdebatan di kalangan ulama, kenapa kopi luwak haram atau halal. Sebagian pernyataan yang mengharamkan, beralasan lantaran biji kopi yang ke luar dari binatang musang ini sudah bercampur dengan kotoran (feses) atau bahkan sudah jadi kotoran maka keadaannya dalam kondisi najis, kumuh & menjijikan maka tidak boleh dikonsumsi. ,Hal seperti ini pasti dilarang agama, hukumnya haram menurut Islam.

Banyak masyarakat muslim yang merupakan pemeluk agama islam mayoritas di Indonesia, merasa ragu bahkan mengharamkan untuk meminumnya. Tetapi sebagian lain memperbolehkan. Jadilah publik tetap mempertanyakan kehalalan kopi luwak ini.

Tapi argumen mutanajjis menurut kaidah ilmu fikih. Adapun kandungan unsur najis yg menempel terhadap biji kopi tersebut dikategorikan sbg najis pertengahan mutawasittah (dalam keadaan cuma menempel kepada sektor kulit luar (kulit ari) maka tetap mampu disucikan secara dicuci pula dikeringkan hingga bersih.

Pemahaman mengenai haramnya mengkosumsi kopi luwak disebabkan tetap berunsur najis, tapi bukan dikarenakan biji kopi tersebut haram dikonsumsi, melainkan lantaran adanya campuran unsur najis. Apabila sesudah dicuci bersih serta dijemur unsur najis tersebut sudah nggak ada lagi maka halal buat dimakan.

Argumen lain yg menguatkan kopi luwak halal merupakan biji kopi yg sudah dicerna luwak bakal ditanam kembali. Silakan anda nilai sendiri apakah haram atau halal? alasan seperti ini dibantah oleh pernyataan yang lebih kuat, pasalnya biji yang dicerna binatang luwak dalam wujud feses (kotoran) bukan sesuatu yang najis tetapi terkena unsur najis maka dinamakan mutanajis.

Itulah beberapa argumen terlontar sebelum dikeluarkannya fatwa MUI mengenai halal – haram kopi Luwak.

Hukum Di Indonesia Halal

Status hukum kopi luwak di indonesia menurut pemerintah & agama yakni halal. Boleh diproduksi & dimakan, statement ini sudah ditetapkan oleh pihak yg berhak yaitu Majelis Ulama indonesia, disampaikan ketua sektor fatwa majelis ulama indonesia, KH. Maruf Amin. Seperti yang beliau katakan:
“Awalnya, biji kopi luwak menjadi haram dimakan dikarenakan tetap berunsur najis. Keharaman tersebut bukan lantaran biji kopi tersebut haram dikonsumsi, namun dikarenakan, terdapat unsur-unsur feses. Tapi sesudah dibersihkan nyata-nyatanya unsur itu tak ada lagi.”

“Karena itulah jadi halal dimakan,” terangnya. Dan lagi, katanya, bila biji kopi itu masih bisa ditanam lagi dan dapat tumbuh kembali.
Sesudah dikeluarkannya fatwa halal Indonesia oleh MUI , tak ada keraguan lagi bagi umat islam utk produksi kopi luwak & minum kopi paling mahal di dunia ini sebab opini & argumen yg paling kuat sudah dinyatakan oleh pengatur hukum agama Islam resmi di Indonesia yaitu MUI.

Setelah kita yakin bahwa meminum Kopi Luwak itu Halal, bagaimana dengan ketentuan di negara tetangga kita yaitu Malaysia.  Mari simak informasinya disini : Apakah Kopi Luwak Halal di Malaysia ?

Add a Comment