Kenapa Harus Makan Pisang

Kenapa Harus Makan Pisang

Kenapa harus makan pisang padahal saya nggak doyan. Ada 2 buah yang saya tidak suka, pepaya dan pisang. Pepaya menempati urutan pertama, baru kedua pisang. Saya nggak suka pepaya sejak kecil. Sebabnya sederhana sih, karena Jacob burung kakak tua milik tetangga depan makan pepaya setiap hari. Kadang berhamburan di kandangnya, karena tekstur pepaya yang lembek benyek, terkesan kotor. Sehingga Lisa kecil berpikir bahwa pepaya itu makanan burung.

Mama saya sebenarnya sering menyajikan potongan buah pepaya untuk pencuci mulut, dan kelima saudara saya fine-fine aja sama itu buah. Kadang mama membuat es buah dari pepaya yang dikerok bulat. Jadilah saya tak jarang dicekoki dengan buah itu. Kemakan sih.. tapi sedikit, itupun yang potongannya kecil-kecil dan tidak lembek.

Lain halnya dengan pisang. Tidak ada kisah dibalik ketidaksukaan saya dengan pisang. Hanya saja menurut saya untuk jenis buah, pisang itu kurang segar. Saya suka buah seperti semangka, jeruk, apel, melon dan strawberry. Tapi karena kandungan potasium pada pisang dibutuhkan oleh tubuh. Ya mau nggak mau saya harus konsumsi pisang. Potasium agak jarang terkandung dalam makanan lain. Apakah cuma potasium, manfaat dari pisang? ternyata buanyaakk. Suatu hari tante saya datang, dan bercerita tentang manfaat pisang untuk membantu daya ingat. Maklumlah sudah golongan nenek-nenek kan.

Bananas with Potassium

 

Sekarang saya coba kumpulkan beberapa kegunaan buah pisang untuk tubuh. Diantaranya ada 7 manfaat sehat apabila kita rajin menyantap buah pisang.

7 Manfaat Sehat Rajin Menyantap Pisang Tiap Hari

Anda doyan pisang? rajin mengonsumsi pisang setiap hari? Jangan hentikan kebiasaan ini karena sangat baik untuk kesehatan anda. Mengonsumsi pisang setiap hari bermanfaat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Selain rasanya manis dan dagingnya yang lembut, pisang mengandung beberapa vitamin dan mineral. Kandungan nutrisinya juga melimpah.

1. Mengandung vitamin B6

Manusia membutuhkan banyak vitamin. Asupan ini biasa didapat dari suplemen vitamin ataupun bahan makanan. Ternyata buah pisang juga mengandung vitamin B6 yang biasanya Vitamin B dapat ditemukan pada produk hewani. Dalam buah pisang terkandung Vitamin B6  yang disebut dengan pyridoxine. Oleh sebab itu satu buah pisang dapat memberikan sekitar 35 persen vitamin B6 yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin ini bermanfaat oleh tubuh sebagai alat bantu dalam menumbuhkan sel-sel baru.

2. Kandungan mangan

Kandungan kedua adalah kandungan mangan yaitu mineral yang dibutuhkan oleh tulang agar membuat tulang menjadi lebih sehat dan baik untuk metabolisme tubuh. Memang tidak banyak mangan yang dibutuhkan tetapi yang sedikit itupun haruslah terpenuhi. Satu buah pisang mengandung sebanyak 3 mg mangan.

3. Kandungan serat

Serat juga banyak tersedia pada buah pisang yatu sekitar 3 gram serat yang dapat menyehatkan saluran pencernaan dan juga kandungan ini dapat menjaga perut agar kenyang lebih lama.

4. Mengandung karbohidrat

Karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi utama. Oleh sebab itu mengonsumsi pisang setelah berolahraga dapat mengembalikan kembali energi. Selain itu, mengonsumsi pisang saat sarapan pagi dapat menjaga pasokan energi agar bertahan sampai waktu makan siang. Satu buah pisang juga mengandung kalori rata-rata sebanyak 110 kalori. Jadi, buah ini cocok untuk yang sedang berdiet. Sedikit kalori tapi cukup mengenyangkan.

5. Pisang mudah dicerna

Karena dagingnya yang lembut membuat pisang sangat mudah dicerna tubuh. Apabila anda sedang menderita penyakit yang disebabkan oleh virus, atau gangguan pencernaan maka anda dapat mengonsumsi pisang. Buah ini sebagai sumber nutrisi utama tapi tetap membuat pencernaan anda bekerja dengan lancar. Anak bayi juga direkomendasikan mengonsumsi pisang sebagai makanan pendamping asi. Hanya saja jangan terlalu cepat memberikannya kepada bayi ya.. seperti ibu-ibu zaman dulu. Tunggulah sampai berusia minimal 4 bulan bahkan 6 bulan. Asi eksklusif yang terbaik untuk bayi pada 3 bulan pertama.

6. Bebas lemak dan kolestrol

Pisang bebas dari kandungan lemak dan kolestrol sebab buah ini sangat terkenal dengan adanya kandungan potasiumnya. Potasium dalam buah pisang mengandung sebanyak 400 mg untuk buah pisang berukuran sedang dan buah ini juga baik dikonsumsi dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan potasium ini bermanfaat untuk fungsi otot dan saraf serta dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

7. Mengandung vitamin C

Buah pisang kaya akan Vitamin C yaitu satu buah pisang dapat mengandung sebesar 10 mg vitamin C atau sekedar 15 persen dari rekomendasi vitamin C sehari-hari.

Manfaat buah pisang

Pisang Juga Bisa dimakan bersama Cereal

Banana Cake

Cake Pisang

Begitu banyak manfaat buah pisang yang membuatku tak ragu lagi menyantapnya. Walaupun nggak setiap hari ya.. dan nggak sering-sering juga. Mungkin someday tambah doyan sama yang namanya pisang. Oh ya.. pisang juga bisa diolah menjadi berbagai cemilan sehat. Diantaranya keripik pisang, kue pisang berbungkus daun pandan, juga cake pisang. Jadi kalau kurang suka menyantap buahnya secara langsung, cemilan tadi bisa menjadi pilihan.

Add a Comment