Kemiri Untuk Pengobatan

Kemiri sering kita jumpai di dapur rumah-rumah masyarakat Indonesia. Buah yang di negara barat sering disebut Candlenut ini sangat digemari di negara kita. Apakah anda tahu ternyata salah satu bahan bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan? Kemiri adalah salah satu hasil bumi yang cukup melimpah di Indonesia karena sangat mudah untuk mendapatkannya pada kondisi musim apapun. Biasanya kemiri dipakai sebagai bumbu dalam pembuatan masakan karena dapat memberikan rasa gurih. Kemiri digunakan untuk bumbu pesmol, opor, soto, semur dan masakan tradisional lainnya.

Banyak penelitian yang telah dilakukan di luar negeri mengenai manfaat dari bumbu dapur kemiri.  Dari mulai kulit, daun dan buah kemiri semua bermanfaat untuk kesehatan. Bukan hanya bermanfaat, tetapi ternyata buah kemiri bisa menjadi obat.

Buah Kemiri

Buah Kemiri

Kemiri Untuk Pengobatan

Kemiri Untuk Pengobatan

Dari beberapa penelitian yang dilakukan,  dikatakan bahwa kemiri dapat melawan gejala kanker, dan dapat memberikan penangan dalam berbagai penyakit pernapasan yang biasa diderita pada anak-anak seperti asma.

Kemiri memiliki kandungan gliserida, asam linoleat dan beberapa zat penting lainnya. Inilah yang membuat kemiri sangat bermanfaat untuk pengobatan. Apa saja khasiat kemiri sebagai pengobatan? Beberapa diantaranya seperti yang saya uraikan di bawah ini,

Mengobati disentri

Kemiri bisa menyembuhkan disentri. Gunakan kulit batang kemiri sebanyak 10 gram.  Caranya dengan merubus kulit batang kemiri tersebut dengan air sebanyak 400 cc lalu biarkan mendidih sampai tersisa setengahnya. Selagi hangat minumlah ramuan tersebut..

Dapat meredakan sakit gigi

Apabila anda punya masalah dengan gigi, dapat diatasi dengan menggunakan getang batang kemiri sebanyak 3 tetes kemudian balurkan pada area gigi yang sakit. Cobalah lakukan cara ini selama 3 kali seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengatasi sariawan

Selain untuk gigi kemiri dapat pula menyembuhkan sariawan. Getah batang kemiri dapat digunakan dalam mengobati sariawan. Caranya dengan mengambil getah batang kemiri secukupnya lalu tambahkan sedikit santan kemudian campur sampai merata. Balurkan pada bagian yang mengalami masalah sariawan.

Mengatasi demam pada anak

Nah, ini sudah digunakan sejak zaman dulu, kemiri digunakan untuk menurunkan panas. Menggunakan beberapa tetes minyak kemiri dengan direbus bersama air secukupnya dan ditambahkan dengan 15 gram akar pulutan, dapat mengatasi demam pada anak. Berikanlah minuman ini selagi hangat kepada anak yang demam.

Minyak Kemiri

Selain untuk semua pengobatan diatas, mama saya juga menggunakan kemiri untuk menyuburkan rambut. Sejak kecil rambut saya selalu panjang. Banyak orang zaman dulu menggunakan minyak kemiri sebagai penyubur rambut sama seperti dengan minyak zaitun. Disaat shampo dan tonic belum banyak beredar. Minyak kemiri dapat mengembalikan kilau rambut agar menjadi lebih hitam, oleh sebab itu, saat ini  banyak produsen shampo memasukkan kemiri sebagai bahan utamanya.

Pohon Kemiri

Pohon Kemiri

Tahukah anda, di Hawai sana pohon kemiri adalah pohon resmi negara tersebut. Karena bermanfaat untuk banyak hal, seperti pasta yang digunakan untuk bumbu masakan dan kegunaan lainnya, pohon kemiri sangat dipelihara keberadaannya.  Sehingga pohon inipun disimbolkan dengan pencerahan, kedamaian dan perlindungan.

Add a Comment