Inilah Fakta-Fakta Menarik tentang Cokelat

Fakta fakta menarik tentang cokelat

Hampir semua orang di dunia juga tahu tentang cokelat kali yaa.. sebagai permen cokelat.  Tapi mungkin banyak juga yang nggak tahu fakta-fakta apa saja dibalik cokelat selain sebagai makanan cemilan manis. FAKTA PERTAMA adalah, faktanya bahwa saya adalah penggemar berat cokelat hehe.. haiizz.. penting banget yaks. Yoi.. saya suka aroma cokelat yang harumnya khas. Saya suka rasa cokelat terutama dark chocolate dari Belgia yang sedikit pahit.

Untuk penganan camilan sampai dessert segar seperti es krim, saya selalu memilih chocolate flavor. Susu cokelat, Waffel rasa cokelat, Roti isi cokelat, Puding cokelat, Cake cokelat, Cookies cokelat, Milkshake cokelat de el el es be. Bisa disebut “maniak” cokelat. Sampai-sampai masker wajah dan krim lulurpun mengandung cokelat. Bukannya nggak suka dengan rasa lain, sesekali saya memilih vanilla atau strawberry, tetapi ya paling sering pilihan pada rasa cokelat.

Permen Cokelat

Ketika hamil anak pertama, suami sering sekali membawakan permen cokelat. Di meja samping tempat tidur, selalu tersedia sekotak atau sekaleng cokelat setiap hari. Wow.. jangan ditanya deh berapa naiknya berat badan. Sampai-sampai dokter menyuruh bumil ini diet. Tetapi alhamdulillah, dari trimester pertama tidak ada morning sickness terlampau berat. Hanya sebatas mual dan tidak pernah sampai muntah-muntah. Selama kehamilan hanya muntah satu kali saja. Mungkin ini berkat cokelat yang aq konsumsi setiap hari.

Fakta Cokelat

Okede.. sekarang mari kita lihat fakta-fakta sebenarnya dibalik benda bernama Cokelat ini.

  1. Permen cokelat yang biasa kita makan berasal dari buah cokelat. Pohon cokelat sendiri baru berbuah setelah berusia 3-4 tahun. Tapi.. pohon ini bisa hidup hingga 200 tahun lamanya.
  2. Konon, bersamaan dengan Revolusi Industri, cokelat mulai diproduksi tahun 1700-an. Saat itu hanya berupa minuman cokelat.
  3. Sekitar 100 tahun kemudian baru cokelat bar (cokelat batangan diproduksi). Tepatnya pada tahun 1847 Cokelat bar dibuat pertama kali di Inggris.
  4. Cokelat mengandung Theobromine yang tidak dapat dicerna oleh anjing dan kucing. So jangan pernah memberi cokelat pada hewan piaraan kesayangan anda. Metabolisme mereka terlalu lambat untuk dapat mencerna theobromine.
  5. Sebuah studi tahun 2004 menunjukkan bahwa Theobromine juga penekan batuk.  Sekitar 30% lebih efektif daripada codeine dalam menekan batuk.
  6. Cokelat dipercaya dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini dikemukakan pada  sebuah studi  yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Neuroscience tahun 2014 lalu.Fakta menarik cokelat
  7. Suku Maya membaptis anak mereka dengan biji cokelat yang telah digiling.
  8. Ada yang mengatakan Cokelat The Food Of The Gods”. Biji kakao berasal dari pohon yang merupakan spesies dari genus Theobroma, yang arti dari nama tersebut adalah makanan para dewa.
  9. Chocolate mengandung tryptophan,  antidepresan alami yang besar. Zat ini membantu Anda membuat serotonin, antidepresan tubuh Anda sendiri.
  10. Cokelat tidak menyebabkan jerawat. Faktanya yang menyebabkan jerawat mungkin susu atau kacang yang terkandung dalam permen cokelat.
  11. Dark chocolate dapat mengekang nafsu makan makanan asin.  Hal ini disampaikan dari hasil sebuah penelitian tahun 2008 oleh University of Copenhagen.
  12. Titik lebur chocolate adalah tepat di bawah suhu tubuh Anda, sehingga meleleh di mulut Anda. Coklat yang mencair di mulut Anda menimbulkan aktivitas otak dan detak jantung lebih intens.
  13. Sirup Cokelat digunakan sebagai “efek khusus” untuk darah pertama kalinya dalam film Alfred Hitchcock Psycho. Film ini dibuat masih dalam warna hitam dan putih.
  14. Wanita menyukai cokelat lebih dari pria. Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa cokelat membantu menghilangkan  symptoms menstruasi.
  15. Yang paling menyenangkan adalah, ada  bukti yang menunjukkan bahwa flavanol coklat memiliki efek antioksidan langsung dalam sistem kardiovaskular. Artinya sehat untuk jantung dan dapat pula mengurangi tekanan darah.

Itulah beberapa fakta-fakta menarik tentang Cokelat. Segudang fakta menarik lainnya masih ada untuk diketahui berikut tentang teknologi pembuatan cokelat yang makin maju. Bahkan di Cambridge Inggris, diadakan sebuah research technology khusus untuk membahas tentang teknologi cokelat. So let’s get a bite…

 

3 Comments

Add a Comment