Faktor yang Mempengaruhi Penyebaran Candi di Indonesia

Jelajah Candi

Penyebaran Candi tentu tak lepas dari Penyebaran agama Hindu-Budha. Keduanya dibawa oleh para pedagang yang berlabuh ke daratan Indonesia untuk berdagang. Pelabuhan pertama yang ramai akibat masuknya perdagangan antar negara ini adalah selat malaka. Salah satu tempat bermulanya akulturasi bangsa Indonesia dengan berbagai bangsa lain di dunia. Ada beberapa hal yang menjadi faktor menyebarnya candi di Indonesia, berikut diantaranya:

Perniagaan

India dan China adalah dua negara yang sangat terkenal akan kemampuan berniaga mereka. Tanpa niat menguasai melainkan khusus untuk memperluas pasar perdagangan mereka membuat mereka sampai di Nusantara. Mereka berinteraksi dengan penduduk setempat hingga terjadilah akulturasi Budaya.

Ekspansi Ke Berbagai Wilayah

Keperluan berdagang mereka beserta wilayah Indonesia yang luas membuat para pedagang ini tak pernah puas untuk berekspansi. Memperluas wilayah perdagangannya mulai dari Selat Malaka lalu menyebar ke wilayah-wilayah lain yang ada di Indonesia. Itulah sebabnya candi-candi baik yang bercorak Hindu maupun Budha juga ikut tersebar ke seluruh nusantara.

Membangun Candi Sebagai Kebutuhan

Terkait dengan kepercayaan para saudagar India dan China ini membuat mereka membutuhkan sarana untuk melakukan ritual keagamaan yang mereka anut. Kebutuhan ini membuat mereka membuat candi sebagai tempat dilakukannya pemujaan terhadap dewa-dewa dalam ajaran mereka masing-masing sehingga beridirilah candi-candi yang dibangun oleh masyarakat Cina maupun Masyarakat India yang berada di Indonesia pada saat itu.

Perpaduan Pengaruh Hindu-Budha dengan Kepercayaan Masyarakat

Pada saat kedatangan para saudagar, Animisme dan Dinamisme sudah mewarnai corak kehidupan Masyarakat. Sehingga, tidak sulit ketika agama Hindu dan Budha masuk dan mulai menyebar. Alasannya tentu karena sama-sama menyembah dewa-dewa. Hanya saja dengan dewa dan juga cara yang berbeda.

Pengaruh Kerajaan Bercorak Hindu-Budha

Munculnya kecenderungan para penghuni kerajaan, terutama yang berkuasa pada saat itu juga pada akhirnya menjadi salah satu faktor penentu penyebaran candi di Indonesia. Entah itu kerajaan yang terkena pengaruh Hindu dari para saudagar India maupun pengaruh ajaran Budha dari para saudagar China.
Semuaya saling berkaitan hingga kini kita menganal berpuluh-puluh candi baik yang bercorak Hindu maupun Budha yang tersebar di hampir seluruh penjuru negeri ini. Penyebaran candi yang dapat menjadi bukti bahwa kebudayaan maupun corak hidup masyarakat bersifat dinamis dari waktu ke waktu.*** (IEN)

Add a Comment