Diet pH Seimbang

Efek Yoyo benar adanya. Berat badan turun lumayan 3 kg tp langsung naik. Aku jalani 3 hari diet, 2 hari ngemil Pizza dan jajan Mie ayam, haha.. . Sebenarnya ini karena belum serius dietnya 😉 . Dari beberapa metode diet yang aku tahu, ada beberapa yang sudah dijalani. Ada yang berhasil ada juga yang tidak. Sekarang nemuin satu metode diet lagi nih, yang tidak ada efek yoyo,  namanya Diet pH Seimbang.

Dalam menjalankan diet selama ini kita terfokus pada segala sesuatu yang rendah lemak atau rendah kalori untuk menurunkan ekstra kilo pada tubuh. Padahal menurut Dr. Robert O Young, seorang ahli mikrobiologi dan gizi, juga penggagas Diet pH Seimbang atau sering disebut juga Diet pH Miracle dari Amerika; mendapatkan berat badan ideal hanya masalah menjaga keseimbangan asam basa atau kadar pH saja. Kegemukan terjadi karena tubuh menahan lemak. Ini merupakan respon normal tubuh untuk melindungi organ-organ vital dari asam yang berlebihan dalam darah.

Jadi yang dapat anda lakukan adalah mengeleminasi asam-asam yang anda masukkan ke dalam tubuh dengan mengonsumsi banyak makanan pembentuk basa. Dengan begitu tubuh dapat menetralisasi asam yang terbentuk secara alami.

Jika selama ini pola makan anda sudah terlanjur ‘berantakan’, pasti tidak akan mudah untuk berpindah ke pola makan yang lebih basa. Anda dapat mengalami reaksi seperti sakit kepala, nyeri sendi, mual, dan gejala-gejala lainnya. Oleh karena itu perubahan sebaiknya dilakukan secara perlahan melalui beberapa tahapan. Berikut ini adalah modifikasi tahapan menuju pH seimbang dari Dr. Young dalam bukunya The pH Miracle :

Diet pH Seimbang

 

Cukup Air :
Hindari dehidrasi karena dapat menurunkan metabolisme dan menyebabkan kadar asam meningkat. Minumlah 1 liter air per 13 kg berat badan.

Makan yang benar :

  • Tukar sarapan dari makan pembentuk asam dengan makanan pembentuk basa.
  • Penuhi ¾ piring makan anda dengan sayuran setiap kali makan.
  • Tingkatkan porsi makanan mentahan (tidak termasuk daging/ikan). Anda bisa menghangatkan sayuran dengan dikukus sebentar. Jangan menumis dengan minyak. Tambahkan minyak setelah makanan dikukus.
  • Perlahan hapuskan makanan bergula
  • Eliminasi protein hewani. Mulai dengan daging merah, lalu ayam dan terakhir ikan. Setelah program selesai, ikan bisa dimasukkan lagi ke dalam pola makan anda.
  • Singkirkan produk susu.
  • Pangkas makanan beragi (roti, tapai).
  • Jauhi tepung putih.
  • Hindari pemanis tiruan karena efek jangka panjangnya bisa jadi berbahaya.
  • Jangan mengkonsumsi buah yang sangat manis berlebihan. Pilih buah-buahan yang kadar gulanya lebih rendah.
  • Periksa bumbu masak. Hindari bumbu masak yang mengandung gula atau bahan-bahan yang difermentasi misalnya cuka. Gunakanlah bahan-bahan yang alami.

Olahraga :
pilih olahraga yang dapat membantu mengeluarkan kelebihan asam melalui keringat seperti jalan, lompat tali, berenang, naik sepeda, dsb. Lakukan olahraga yang anda pilih sedikitnya 5 kali seminggu, masing-masing 15 menit sampai 1 jam.

Minum suplemen :
Sebelum menggunakan suplemen apapun sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan ahlinya. Berikut ini suplemen yang direkomendasikan khusus untuk penurunan berat badan :

  • Green Drink (formula tepung yang terbuat dari aneka sayuran hijau dan tanaman herba) 1 sendok teh untuk 1 liter air. Kaya akan elemen basa dan ampuh menetralisasi asam.
  • Omega 3 dan 6 dengan rasio 3:1 – 1000 mg 3 kali sehari. Membantu metabolisme lemak, menetralisasi dan membuang asam dari tubuh, mengandalikan nafsu makan, mamicu rasa kenyangtanpa efek samping.
  • L-carnitine 200 mg 6 kali sehari. Membakar lemak, membantu penurunan berat badan dan pembentukan otot.
  • Hydroxic citric acid atau HCA (ekstrak buah tanaman Garcinia cambogia) 3 kapsul 3 kali sehari, 30 menit sebelum makan. Membantu meredam nafsu makan dan menghambat lipogenesis (proses dimana tubuh memproduksi dan menyimpan lemak).
  • Chromium 200 mcg 3 kali sehari, membantu insulin memetabolisi lemak, mengubah protein menjadi otot dan mengubah gula menjadi energi.
  • Tyrosine 500 mg 1-2 kali sehari. Asam amino yang membantu memberi tahu otak untuk mematuikan nafsu makan dan membantu menurunkan lemak.

Bersihkan Pikiran, Hati dan Jiwa :
Anda harus memutuskan lingkaran pikiran, emosi dan sikap negatif yang dapat mengasamkan tubuh anda seperti yang dilakukan oleh gula. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan berdoa dan meditasi setiap hari. Carilah tempat yang damai dan tenang.

Buat Target dan Catatan :
Buatlah target berat badan ideal atau lingkar pinggang / ukuran baju yang anda inginkan. Anda akan lebih menghargai setiap usaha yang telah anda lakukan untuk meraih tujuan.

Pembersihan :
Dalam tahap pembersihan selama 12 minggu ini, anda bisa makan sebanyak dan sesering yang anda mau selama makanan yang anda makan adalah makanan pembentuk basa, terutama sayuran hijau segar. Tambahkan sumber lemak seperti avokad, minyak zaitun dan asam lemak esensial.

Pada tahap ini anda harus benar-benar menghindari makanan pembentuk asam.Saat asam mulai keluar dari tubuh, anda akan mengalami gejala detoksifikasi termasuk nafas bau, nyeri otot, kulit gatal, hidung mampet, alergi, atau gejala seperti flu. Jangan panik, karena itu adalah tanda menuju kesembuhan atau healing crisis. Jika setiap langkah dalam panduan ini anda ikuti dengan benar, gejala yang muncul tidak akan terasa berat. Perbanyaklah istirahat dan relaksasi.

Ingat bahwa diet pH seimbang ini bukan program jangka pendek tetapi investasi seumur hidup. Setelah melalui periode pembersihan, dianjurkan 75 persen makanan adalah buah dan sayuran pembentuk basa, sisanya 25 persen makanan pembentuk asam seperti biji-bijian alami, kacang-kacangan, ikan, telur (jika ada yang organik), dan unggas. Pada tahap ini, 30 persen makanan pembentuk basa sebaiknya berupa mentahan (segar). Hindari juga makanan instan atau kalengan yang banyak memakai pengawet dan aditif sintetis.

Add a Comment