Cara Melindungi Kulit Dari Efek Buruk Sinar Matahari

Cara Melindungi Kulit Dari Efek Buruk Sinar Matahari – Masih ngomongin tentang kulitku yang agak sensitif (agak yaa.. bukan super sensi dan baper #eh). Katanya sih kulit putih itu memang cenderung lebih sensi dibanding kulit berwarna gelap. Kulit gelap relatif lebih tahan terhadap sinar matahari. Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Wajah Merah Dengan Mudah

Jadi, ketika kita melakukan aktifitas diluar ruangan tentu kita akan terkontaminasi langsung dengan berbagai hal yang dapat menyebabkan radikal bebas salah satunya yaitu sinar matahari. Kita kan tinggal di daerah tropis ya. Jika dipagi hari, sinar matahari mengandung vitamin D yang bagus bagi kulit setidaknya hingga pukul 9 pagi dan sore dari pukul 3 hingga menjelang mahrib. Tetapi jika kita beraktifitas dijam-jam siang, sinar matahari terik memilki efek yang buruk bagi kesehatan kulit.

Kulit anda bisa gosong, kering dan mengelupas jika terus-terusan terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu juga efek buruk dari sinar matahari dapat berdampak pada resiko penyakit kanker kulit. Ih… seyeemm!! Namun terkadang kita dituntut oleh suatu pekerjaan yang mengharuskan kita berpanas-panasan setiap hari dan hal tersebut tentunya akan memperburuk keadaan. Jika kulit kita kusam, kering dan hitam akibat sinar matahari, bukan hanya buruk bagi kesehatan kulit tetapi juga akan memperburuk penampilan dan dapat menghilangkan rasa percaya diri seseorang.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? berikut ini ada beberapa  cara agar anda dapat terlindung dari bahaya sinar matahari langsung.

 

Melindungi Kulit Dari Efek Buruk Sinar Matahari

 

  1. Hindari Berada Dibawah Sinar Matahari Langsung

Langkah untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang paling mudah yaitu dengan tidak berpanas-panasan dibawah sinar matahari secara langsung. Namun jika hal tersebut memang harus dilakukan, maka anda bisa menggunakan pakaian lengan panjang atau menggunakan payung saat beraktifitas.

  1. Hindari Pantulan Sinar Matahari

Selain terkena sinar matahari langsung, pantulan dari sinar matahari juga tidak bagus bagi kulit karena dapat menyebabkan kulit terbakar. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa 85% pantulan sinar matahari memiliki efek buruk yang sama seperti anda terkena sinar matahari langsung. Objek yang dapat memantulkan sinar matahari seperti Kaca, Air dan pasir. Karena itulah orang yang biasa berada dipantai lebih mudah cepat hitam karena terlalu sering terkena pantulan sinar matahari.

Cara Melindungi Kulit Dari Efek Buruk Sinar Matahari

 

  1. Minum Air Yang Banyak

Memperbanyak konsumsi air putih merupakan salah satu langkah mudah untuk melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak gosong dan rusak. Air putih mampu melindungi kulit dari dalam tubuh dan selain itu juga air putih dapat memberikan keelastisitasan kulit secara alami. Jika anda berada diluar ruangan dalam jangka waktu lama, usahakan setiap 30 menit anda konsumsi air putih. 2-3 liter air sehari itu wajib untuk manusia dewasa.

  1. Menggunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya atau bahasa kerennya Sun Block, merupakan cara yang seringkali orang lakukan termasuk diriku. Hal ini sangat bagus untuk melembabkan kulit sehingga jika anda beraktifitas dibawah sinar matahari kulit tidak akan terbakar. Sifat dari tabir surya ini mengandung UVA dan UVB dan minimal SPF 15 yang dapat menjaga kulit dari panas sinar matahari.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang serba guna. Selain untuk wajah dan rambut, lidah buaya juga bagus untuk kulit. Sifatnya yang dingin dapat melindungi kulit agar tidak terbakar sinar matahari. Selain itu juga lidah buaya memiliki kandungan licodaine yang dapat menghilangkan rasa perih ketika kulit terbakar sinar matahari.

One Response

Add a Comment