Candi Termegah di Dunia

Ingin tahu dimana candi termegah di dunia? Candi tidak hanya berada di Indonesia saja tapi juga di dunia. Terutama di negara yang memiliki penduduk beragama Budha atau Hindu. Diantara sekian banyak candi di dunia ada 6 candi yang dianggap sebagai 6 candi termegah di dunia. Diantara 6 candi ini ini ada 2 candi yang terdapat di Indonesia.

  1. Candi What Rong Khun

Candi Termegah di Dunia
Wat Rong Khun – Chiang Rai” by JJ Harrison (jjharrison89@facebook.com) – Own work. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Commons.

Candi ini cukup unik karena berwarna putih. Hiasan mozaik cermin pada dinding-dinding serta keseluruhan ornamen candi yang berada di Thailand ini membuatnya nampak megah. Jika siang hari terlihat seperti bercahaya dan berkilauan. Pada malam hari pun nampak sangat bebeda diantara bangunan lain di Thailand.

  1. Shwedagon Pagoda

SDGYGN.JPG
SDGYGN” by Sky89Own work. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Commons.

Candi ini terkenal dengan sebutan kuil emas karena memang menggunakan emas untuk keseluruhan dinding candi. Para Budha merelakan semua simpanan mereka untuk membeli daun emas yang kemudian dipasangkan pada keseluruhan dinding candi. Belum lagi penggunaan 2000 rubi serta 5000 berlian yang terdapat pada kubah candi Budha di Myanmar ini.

  1. Tiger’s Nest Monastery

Taktshang edit.jpg
Taktshang edit” by Douglas J. McLaughlin (Photograph edited by Vassil) – Own work. Licensed under CC BY 2.5 via Commons.

Candi ini adalah salah satu candi termegah yang terletak di lereng gunung. Tepatnya di tepi tebing di Bhutan. Dikisahkan bahwa tebing inilah tempat Guru Tinpoche mendarat ketika ia berkendara menggunakan harimau betina untuk bermeditasi. Tepat di sebuah gua yang kini dapat Anda temukan di sana.

  1. Candi Prambanan

Secara keseluruhan Candi Prambanan terlihat begitu megah dan memiliki arsitektur yang sangat baik sehingga cukup menarik perhatian dunia. Candi yang terletak di Yogyakarta ini memiliki 3 candi utama sementara yang lainnya tersebar dengan komposisi yang sangat baik.

  1. Temple of Heaven

Candi megah di Beijing ini cukup unik karena memiliki bentuk yang melingkar dari bawah ke atas secara konsisten. Bentuk ini menjadi simbol bahwa kehidupan ini mengalami perputaran. Bagi para penganut agama Budha candi ini adalah perwujudan surga di dunia.

  1. Candi Borobudur

Candi Borobudur yang ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles ini hingga kini masih menjadi kebanggaan orang Indonesia sebagai salah satu keajaiban dunia. Berdiri kokoh dengan berbahan batuan hingga ke puncaknya. Dengan 2000 relief beserta 504 patung Budha sehingga memiliki nilai seni yang sangat luar biasa sebagai salah satu candi termegah dunia.***

Add a Comment