Candi Terluas di Indonesia adalah Muaro Jambi

Candi manakah candi terluas di Indonesia? Banyaknya Candi-candi yang tersebar hampir di setiap daerah di Indonesia membuat penulis juga tergelitik dengan pertanyaan tersebut. Tentunya untuk mengetahui candi-candi yang dapat dikategorikan sebagai candi yang memiliki wilayah yang paling luas. Entah itu sebagai kawasan candi atau bangunan candi itu sendiri. Berikut 3 candi terluas di Indonesia:

Candi Borobudur

Sejarah CANDI BOROBUDURCandi Borobudur yang tidak hanya megah tapi juga termasuk salah satu banguanan candi dengan candi terluas yang ada di Indonesia. Luasnya 123m²x123m² dengan tinggi bangunan hingga 34,5m. Berada di Kabupaten Magelang yang merupakan candi yang paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah. Bahkan tak jarang seringkali dipergunakan untuk ritual hari besar agama Budha di Indonesia. Lokasi yang memadai juga membuat candi ini seringkali dipergunakan untuk berbagai pagelaran seni pertunjukan di Indonesia.

Candi Prambanan

Prambanan TempleCandi Prambanan yang berada di jalan Yogyakarta Solo KM16 ini memiliki luas sekitar 80 hektar. Menggambarkan Trimurti yang meliputi Dewa Brahma sebagai Dewa Pencipta, Dewa Wisnu sebagai Dewa Pemelihara, dan Dewa Shiwa yaitu Dewa Penghancur. Di masing-masing candi tersebut terbagi ke dalam beberapa ruangan yang ditempati patung para dewa. Candi ini merupakan salah satu tujuan wisata utama yang menjadi penarik para wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta.

Candi Muaro Jambi

candi Muaro Jambi

Candi ini memang tidak setenar Candi Borobudur atau Prambanan, namun jika berbicara mana yang candi terluas maka Candi Muaro Jambilah juaranya. Sebuah kawasan candi saja luasnya hingga 260 hektar. Oleh karena itu luas keseluruhan sudah pasti jauh lebih luas dari itu. Sebagai salah satu situs bersejarah yang berada di Kota Jambi yang menjadi kebanggaan penduduk kota Jambi. Memiliki 9 bangunan candi di area luas yang membentang. Itulah sebabnya candi Muaro Jambi ini masih dijadikan pemukiman penduduk.

Itulah 3 candi terluas di Indonesia. Kekayaan hasil budaya Indonesia yang hingga kini masih tetap dilestarikan. Warisan nenek moyang kita terdahulu yang ternyata sudah mengenal teknik pembangunan, arsitektur serta seni bangunan yang cukup tinggi pada zamannya.***

Add a Comment