Candi

Sumber Foto : wikipedia

Sudah dua tahun belakangan ini, saya mempunyai passion tersendiri terhadap suatu bangunan unik, candi di Indonesia. Bangunan yang bernama “Candi” ini banyak ditemukan di wilayah nusantara. Awalnya hanya mengira bahwa candi, yang merupakan peninggalan kuno ini hanya tersebar di Jawa Tengah saja. Dengan pusatnya yaitu Borobudur yang merupakan salah satu dari Keajaiban dunia. Ternyata perkiraan saya salah. Tak Jauh dari Borobudur berdiri pula dengan megahnya Candi Prambanan yang juga sangat besar. Bahkan di masa sekarang, banyak terjadi perdebatan mengenai pusat kerajaan di masa itu. Bahwa dikatakan Candi Prambananlah yang merupakan pusat kerajaan dimasanya, dan candi Borobudur hanyalah Decoy.

Ya, saya yang dulu jaman sekolah tidak begitu menyukai pelajaran sejarah, tidak ambil peduli dengan peninggalan dari masa lampau. Kuliah di bidang Accounting dan bekerja di Perusahaan Telekomunikasi, so saya awam mengenai hal seperti ini sampai akhirnya berkenalan dengan seorang arkeolog wanita asal Eropa yang sudah menetap 17 tahun di Jogjakarta hanya untuk meneliti Candi-Candi di Indonesia. Perasaan kagum ketika berada di lingkungan situs purbakala ini juga membawa saya menjadi pengamat amatir tentang sejarah dan budaya.

Ketika memutuskan menjadi penulis dan mengikuti beberapa event Sastra dan Budaya membawa saya semakin menyadari bahwa ternyata di Indonesia ini tersebar banyak sekali peninggalan kuno termasuk candi dan bukan hanya di Jateng saja. Candi ditemukan juga di Jawa Barat, bahkan di Sumatera dan di pulau lainnya.

Mulailah keinginan saya untuk menuliskan tentang asset bangsa ini. Asal-usul sejarahnya dan apa fungsi candi di Indonesia. Mengapa bangunan ini dibangun dan cerita-cerita legenda di baliknya. Serta bagaimana tentang Arsitektur Candi di Indonesia yang mengagumkan itu.

Add a Comment