Borobudur Writers & Cultural Festival 2012

Oleh-Oleh yang ketinggalan.

Ya, kenapa oleh-oleh ini ketinggalan? karena aku belum sempat menuliskan cerita perjalanan tahun lalu, tepatnya 28-31 Oktober 2012 mengenai  Borobudur Writers & Cultural Festival 2012  Sedangkan rangkaian kegiatan Road to Borobudur Writers & Cultural Festival 2013 sudah dimulai dari dua bulan lalu.

Apa sih Borobudur Writers & Cultural Festival atau BWCF? aku sendiri baru mengenalnya sesaat sebelum acara festival berlangsung, mungkin tidak sampai dua bulan sebelumnya. Aku yakin, diantara kalian yang tidak bermukim di Jogja juga banyak yang belum tahu. Wajarlah karena memang festival ini baru pertama kali diadakan. Namun akan dibuat sebagai festival rutin tahunan.

Gelaran acara budaya perdana ini mengusung tema Musyawarah Agung Penulis Cerita Silat dan Sejarah Nusantara. Mengapa harus musyawarah agung? Mungkin dikarenakan banyaknya singgungan dan pertentangan antara cerita fiksi dan sejarah. Seorang Penulis (Writer) merasa bebas menulis kisah yang berlatar belakang sejarah, dengan alur cerita fiksi, juga mengambil setting tempat di kehidupan nyata. Sedangkan Ahli Sejarah dan Arkeolog juga merasa harus meng-edukasi masyarakat dengan fakta sejarah yang benar. Fakta terkadang menjadi bias dengan alur cerita Fiksi.

Musyawarah Agung Penulis Cerita Silat dan Sejarah Nusantara
Rangkaian acara festival mengambil dua tempat, di Hotel Manohara, Magelang yang letaknya persis di sebelah kawasan Candi Borobudur dan di kota Yogyakarta. Acara pembukaan diadakan di Hotel Ambarukmo Yogyakarta. Sehingga ada istilah Forum Magelang dan Forum Yogyakarta dan kadang gelaran di masing tempat berdekatan waktunya. Hal ini membuat aku harus mondar mandir Jogja-Magelang.
Seminar dan diskusi yang dihadiri para penulis senior seperti Langit Kresna Hadi, Arswendo, Viddy Ad Daery, Murti Bunanta dan banyak lagi.
Hmm.. masih banyak detil kegiatan yang amat menarik dan tak terlupakan selama 3 hari berlangsungnya acara. Beberapa pertunjukan kesenian, Launching buku, bahkan pemutaran film mengenai seni budaya. Akan aku jelaskan lebih terperinci di lain kesempatan. Tak akan cukup satu bagian pastinya, mungkin bisa bagian I sampai bagian 4 hehe.. 🙂
Semoga masih diberi kesempatan menghadiri BWCF di tahun 2013 ini.
Borobudur Writers & Cultural Festival

Aku & Jenifer, salah satu penulis dari Australia yang menulis sebuah buku puisi tentang Borobudur

No Responses

Add a Comment