Bermain Instagram Dengan Benar

Baru saja saya melihat postingan foto di Instagram teman. Foto di-upload dengan sedikit kata dan tanpa hashtag. Seorang fotografer yang juga sahabat saya sejak SMP. Tetapi dia pemula dalam bermain Instagram. Jadi teringat untuk menuliskan sedikit tips tentang Instagram. Karena saya mengelola beberapa account IG klien, saya ingin berbagi tips sederhana cara bermain instagram dengan benar. Semoga bisa bermanfaat buat yang masih baru main IG.

Logo Lama Instagram

Logo Lama Instagram

IG pribadi saya sendiri sebenarnya juga agak jarang apdet hehee… tetapi sesekali masih saya apdet siy, karena kesibukan mengurus IG para klien yang jumlah followernyapun diatas 5000-an. Ketika mengelola IG klien ini juga, saya sering melihat kenyataan bahwa banyak yang main IG tidak efektif. Sayang sekali.

Instagram ini memang tergolong baru, walaupun nggak baru-baru banget sehh.. tetapi ikut mewarnai dunia sosial media. Dulu.. ada yang namanya friendster, lalu multiply juga banyak sekali penggemarnya, lalu datanglah facebook yang katanya “menyihir dunia”, lanjut twitter, Path, dan muncul Instagram. Yang saya sebut tadi hanyalah sebagian dari media sosial yang bertebaran di jagat maya. Mereka inilah yang paling populer. Semua punya penggemar dan ciri khasnya sendiri, sayangnya friendster dan multiply tenggelam tergerus sosmed baru yang membawa berbagai inovasi.

Logo Baru Instagram

Logo Baru Instagram

Aplikasi Instagram muncul secara Mobile based application bukan Web based. Jadi beda dengan FB yang nyaman dimainkan di komputer (PC). IG hanya dikhususkan untuk perangkat smartphone atau tablet. Bermain IG memang bagus untuk eksistensi diri ataupun promosi produk. Kekuatannya di foto. Tetapi bedakan antara FB dan IG. Saya masih melihat orang-orang bermain IG sama seperti main FB. Memang sekarang bisa ditautkan antara FB dan IG karena IG sendiri sudah diakuisisi oleh perusahaan raksasa FB yang melihat peluang emas di IG.

Sebagai seorang yang besar di zaman purba.. #Eh 😛 maksudnya di zaman belum ramai sosmed dan ramai gadget tentu manusia seusia saya harus sering-sering tarik tissue lap jidat untuk ngikutin cara bermainnya. Khusus untuk Instagram ternyata mudah loh… nggak sebingung waktu belajar dan ngajarin orang main twitter. Kenapa saya bilang mudah? ya karena rahasianya cuma 2 kok. Yaitu Foto dan Hashtag. Udah itu ajah.. haha 😀

 

FOTO Instagram

Yang terpenting dalam IG adalah Foto. Main IG ya sama dengan main Foto. Instagram tidak perlu status panjang seperti FB. Tidak bisa pula share photo sekaligus banyak seperti album photo FB. Kalau di Fb kita dengan mudah membagikan kembali foto atau status yang diupload orang lain. Asalkan foto atau status tersebut di setting publik, maka teman lain bisa juga ikut melihat. sedangkan di IG tidak semudah itu. Harus ada aplikasi lain yang ditanam untuk membagikan, istilahnya ReGram.

Sejatinya IG dimaksudkan untuk membagikan moment-moment indah dalam perjalanan aktivitas kita. Namun bisa pula untuk menampilkan karya kita berupa apapun, makanan yang kita masak, kerajinan tangan dll. Selain itu bisa pula untuk dijadikan etalase produksi kita apabila kita seorang pengusaha home Industri atau UKM.



Foto yang ditampilkan juga tidak harus sekelas hasil photo fotografer kondang. Jadi jangan khawatir ga bisa moto bagus trus gak mau main IG. Photo bagus bukan sekedar urusan angle dan pencahayaan, tetapi di IG, foto bagus adalah foto yang “berbicara”. Karena IG aplikasi mobile based, ya yang paling banyak dibagikan adalah foto hasil jepretan kamera handphone. So don’t worry..

Bagikan foto-foto kita beberapa kali sehari. Ngga usah takut kebanyakan ngaplot foto, karena putaran IG cepat, mirip dengan newsfeed twitter. Foto kita dengan cepat kesundul dengan foto lain. Tidak seperti FB yang punya fasilitas “Top Stories” memungkinkan status yang sudah berjam-jam lalu bisa saja muncul lagi di beranda. Di IG tidak seperti itu. Tetapi punya jalur lain dimana orang bisa nemuin foto kita yaitu lewat hashtag.

Bermain Instagram

Ini Instagram saya. Kalau belum Follow silakan follow yaa..nanti saya follback

 

Hashtag Instagram

Banyak Hashtag dalam IG itu perlu.

HASHTAG Instagram

Hashtag atau tanda #, adalah komponen paling penting dalam bermain IG. Kalau main IG tanpa hashtag bagaikan makan burger tanpa keju haha.. salah yak. Ngga gitu juga siy tapi bener deh kalau main IG itu banyakin hashtag. Ini akan nambah like juga peluang besar nambah follower.

Hashtag awalnya digunakan untuk twitter, tetapi hanya 1-2 hashtag untuk menentukan trending topic. Karena keterbatasan karakter twitter yang hanya 140 karakter, maka hashtag di twitter tidak bisa digunakan dalam jumlah banyak. Dalam IG, makin banyak hashtag ya makin bagus. Bahkan nggak perlu merangkai kata-kata status panjang seperti di FB, main hashtag aja sudah cukup.

Jadi buat saya untuk bermain Instagram dengan benar, hashtag dalam IG itu hukumnya wajib!. Perbanyak hashtag dengan mencari hashtag populer atau hashtag yang sesuai dengan IG kita. Dalam IG juga bisa bermain Niche. Misalnya seperti saya yang pencinta kucing, bermain dengan segala hashtag berbau “cat” dan “kucing” akan membawa saya ke dunia pencinta kucing dan disitulah saya banyak dapat follower.

Top Hashtag Instagram

Contoh Top Hashtag

 

Bermain Instagram dengan Benar

Disini kita bisa mencari Ide hashtag yang paling sesuai untuk kita gunakan. Bisa pula dilihat jumlah post hashtag tersebut untuk melihat tingkat popularitas.

Untuk blogger dengan niche spesifik, IG ini berguna banget. Seperti food blogger yang bisa menampilkan foto-foto makanannya di IG dengan berbagai macam hashtag tentang makanan/food. Pasti akan masuk ke dunia makanan. Karena kebiasaan pemain-pemain IG, mencari pada hashtag, Top hashtag atau yang sesuai minatnya, bukan hanya terpaku melihat newsfeed/home/beranda seperti pengguna FB.

Jadi kalau bisa disimpulkan, main instagram dengan benar itu mudah kan ya. Komponen IG hanya Foto dan Hashtag. Interaksinya hanya like (gambar hati) dan comment. That’s it.

Cobalah bermain hashtag dan lihatlah nggak sampai 1-2 detik sudah ada yang like. Gak perlu ragu, gunakan 10-20 bahkan bisa sampai maksimal 30 hashtag. Tapi saran saya nggak perlu sampai 30 ya haha.. . Karakter maksimal juga dibatasi hanya sampai 150 karakter, so gak usah pakai kalimat panjang-panjang, biarkan foto dan hashtag yang berbicara.

“Yaa.. selama ini saya nggak banyak pakai hashtag” kalau kalimat ini terlintas di kepala gak usah khawatir, kan ada fasilitas edit. Cobalah diedit semua foto-foto lama dengan banyak hashtag baru, maka foto-foto lamapun akan segar kembali.

37 Comments

Add a Comment