Berkenalan dengan Teknologi M2M

Jangan salah, M2M yang akan kita bahas bukanlah tentang sebuah grup penyanyi Duo mancanegara yang sempat hits di tahun 1990-an. Mari berkenalan dengan teknologi M2M, teknologi M2M tiada lain adalah sebuah teknologi terbaru dengan mempergunakan teknologi komunikasi nirkabel berbasic cloud. M2M adalah singkatan dari Machine to Machine yang artinya dari mesin ke mesin. Ini adalah sebuah teknologi yang mulai diperkenalkan di Indonesia khususnya untuk perusahaan-perusahaan yang menginginkan efisiensi dalam controlling berbagai perangkat yang ada di perusahaannya.

Kemudahan yang Ditawarkan

Teknologi M2M ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan mesin yang satu ke mesin lain dengan perangkat komunikasi yang  dimiliki secara real time. Itulah sebabnya salah satu yang dibutuhkan adalah perangkat komunikasi yang mumpuni. Mulai dari sinyal yang luas dan mantap serta jaringan mapan sekelas 4G yang dapat memperlancar berjalannya teknologi M2M ini.




Jadi biarlah mesin-mesin atau berbagai perangkat yang digunakan bekerja sendiri. Anda cukup mengkoneksikannya dengan menggunakan layanan M2M ini. Dengan begitu, Anda tidak harus disibukan untuk mengingat, untuk selalu mengontrol, atau mengandalkan karyawan untuk memastikan semua perangkat bekerja dengan baik dan sebagai mana mestinya. M2M membantu Anda mengatasi semuanya. Silakan baca juga apa itu Teknologi Machine to Machine disini.

M2M Telkomsel

 

Cara Kerja M2M

Misalnya saja jika komunikasi non human ini dilakukan antara perangkat seperti ponsel, cctv, meteran, portable data terminal, EDC, mobil, bahkan hingga peralatan Rumah Tangga. Semua perangkat tersebut dapat terkoneksikan menggunakan teknologi M2M ini. Dengan teknologi ini perangkat-perangkat tersebut dapat bekerja secara otomatis karena perangkat mesin lain. Misalnya Pintu garasi elektrik rumah Anda yang otomatis terbuka ketika mobil Anda berjarak 2 meter lagi dari pintu garasi. Contoh lainnya CCTV yang otomatis bekerja ketika mesin EDC mulai digunakan, Mengontrol perilaku pengemudi armada perusahaan anda hanya dari handset, pembayaran yang mudah menggunakan EDC, dan banyak lagi.

Berbagai Fitur dari Teknologi M2M

Selain itu masih banyak yang bisa dilakukan sebagai bentuk pemanfaatan teknologi M2M. Platform ini  sengaja diciptakan dan dikembangkan untuk membantu pengelolaan berbagai perangkat yang terhubung pada jaringan komunikasi nirkabel secara terpusat. Ada beberapa fitur yang diberikan teknologi M2M ini, berikut dintaranya:

• Developer kit untuk pengecekan
• Dapat diaktivasi secara mandiri
• Menyediakan fasilitas untuk melakukan diagnosa secara real time
• Dapat mengecek berapa penggunaan hingga jumlah pemakaian yang telah digunakan.
• Sistem pelaporan dan analisis
• Sistem peringatan yang komprehensif
• Pengaturan penyimpanan yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna
• Perangkat lunak untuk penggunaan aplikasi secara otomatis, dll

Simcard Khusus M2M dari Telkomsel

Semua kemudahan tersebut sedang dikembangkan oleh Telkomsel, perusahaan selular paling Indonesia. Teknologi ini bisa Anda dapatkan dengan simcard khusus M2M yang dapat mendukung dilakukannya peningkatan efisiensi dan profitabilitas perusahaan Anda. Banyak perusahaan membutuhkan  teknologi  ini untuk dapat mengembangkan bisnisnya, terutama dalam hal efisiensi waktu, pun dengan monitoring dan controlling simple hanya dari genggaman tangan. Misalnya perusahaan yang bergerak di bidang pengamanan, transportasi, logistik, kesehatan, keuangan, ataupun bisnis lintas bidang.

Telkomsel menjawab kebutuhan tersebut. Hal ini sekaligus menguatkan perannya dalam dunia pertelekomunikasian di Indonesia. Telkomsel tidak hanya sebagai penyedia produk namun juga penyedia service. Beberapa Perusahan skala besar maupun UKM mendapatkan Developer Kit secara gratis untuk masa uji coba.  Tentunya dengan layanan yang bisa digunakan di seluruh Indonesia untuk memuaskan Anda dalam uji coba teknologi ini.

Ada 2 hal yang berperan pokok yaitu Telkomsel M2M Control Center dan Telkomsel M2M Application Platform. Telkomsel M2M Control Centerlah yang membantu perusahan untuk menjalankan, mengelola, dan memonitor connected device yang mereka miliki. Sementara itu Telkomsel M2M application Platform yang membantu perusahaan untuk mengintegrasikan, mengimplementasi dan mengelola  informasi dari device berbasic cloud yang terkoneksi ini.

Kelengkapan M2M Telkomsel

Selain itu Anda juga akan mendapatkan sarana pengujian secara langsung, akses penuh M2M Telkomsel Control Center, serta berbagai dukungan dalam pengembangan teknologi M2M ini. Telkomsel juga akan menyediakan forum khusus untuk para pengguna sehingga bisa berinteraksi satu sama lain, dan berbagi pengalaman menggunakan teknologi M2M yang disediakan oleh Telkomsel ini.

Buku panduan lengkap mengenai penggunaan teknologi M2M juga akan dibuat sedemikian rupa hingga memudahkan para calon pengguna teknologi ini. Termasuk perioritas tertentu bagi mereka yang menggunakan M2M Telkomsel Developer Kit ini. Untuk mendapatkannya Anda bisa melakukan pemesanan di website telkomsel m2m dan mendaftarkan diri untuk meminta kode referensi sebagai pemesan M2M Telkomsel Developer KIT. Sementara ini M2M hanya diperuntukkan untuk pelanggan corporate dan UKM, namun segera akan bisa dinikmati pula oleh perorangan. Selamat mencoba dan menikmati teknologi Baru M2M yang disediakan oleh Telkomsel.

Informasi lebih lanjut,

  • Call Center 133 melalui ponsel Anda.
  • Layanan pelanggan bebas pulsa 0807 1 811 811
  • E-mail ke cs@telkomsel.co.id untuk layanan Corporate Business Solutions atau m2m@telkomsel.co.id untuk kebutuhan solusi M2M.
  • Atau anda bisa menghubungi Account Manager  yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti dibawah ini:

AM Location

12 Comments

Add a Comment