Inilah Perlunya Pasang Anti Gores Gadget

Terjadilah kejadian yang menyedihkan *nangis. Layar tablet ipad air kesayanganku pecah. Kakak dengan tidak sengaja menarik kabel charger yang tengah terhubung antara ipad dan stop kontak. Persisnya sih bukan menarik tapi ketarik dengan tidak sengaja. Jatuhlah ipad air itu. Dan sekarang baru deh berasa, inilah perlunya pasang anti gores.

Ipad, tablet maupun smartphone bukannya nggak pernah jatuh. Sering malah,  terlempar dari atas tempat tidur dengan tidak sengaja, atau terlepas dari genggaman. Karenanya, saya selalu memasang casing tambahan atau cover (bumper) pada hape. Saya pernah melihat seorang gadis remaja tanpa sengaja menjatuhkan handphone-nya ketika berbelanja di supermarket. Dan “buyarlah” itu ponsel. baterai dan jeroannya semua terlepas. Karena dia tidak memakai casing tambahan.

 

Ipad Air broken

Ujung Ipad menghantam lantai menyebabkan layarnya pecah

Layar kaca ipad pecah

Layar tidak pecah terurai tapi masih menyatu dengan keretakan parah

Beberapa kali gadget saya terjatuh tidak masalah. Gawai level high end sekarang kan sudah dibuat dengan layar kaca yang kuat. Seperti Gorilla Glass atau Amoled yang diclaim anti pecah atau anti benturan. Untuk ipad sendiri LCD sudah Scratch-resistant glass, oleophobic coating. Sehingga, banyak yang bilang tidak perlu lagi memasang Lapisan Anti Gores atau Screen Guard. Buat apalah dilapis anti gores, wong kacanya sudah dibuat super kuat, anti gores bahkan tahan bantingan.

Ipad bukanlah gadget  dengan baterai yang bisa dilepas. Sehingga ketika jatuh, body ipad tidak akan buyar terpisah seperti kejadian jatuhnya smartphone gadis tadi. Ipad didesain sangat compact, tipis ramping tapi kuat.

Tapi ya secanggih-canggihnya bikinan  manusia tetap tidak ada yang sempurna. Kali ini ipad saya terjatuh dengan posisi sudutnya mencium lantai. Karena menghantam ujung sambungan Lcd dengan body inilah yang menyebabkan pecahnya layar.

Kerennya itu.. ternyata ipad air saya masih berfungsi. Masih bisa digunakan, hanya saja retakan layar itu tajam. Jadi harus ekstra hati-hati ketika menyentuhnya.Terkadang ada serpihan kaca halus yang bisa saja melukai ujung jari. Untuk sementara, saya bunkus dulu deh dengan plastik ukuran 2kg. Yang  biasa dipakai di warung-warung untuk bungkus gula, telor atau minyak haha.. yang penting tidak melukai tangan. Sementara menunggu perbaikan.

Hal yang sama pernah terjadi dengan smartphone teman saya. Layarnya juga pecah namun hape masih berfungsi dengan baik. Hanya saja teman saya memasang antigores. Sehingga kaca tetap melekat tertahan lapisan anti gores. Layar sentuh masih bebas digunakan. Dan teman saya tersebut masih menggunakan untuk jangka waktu cukup lama.

LCD yang pecah bisa diganti apabila ada ketersediaan spare part. Penggantian bisa dilakukan di Service Center resmi, atau di counter hape yang menyediakan jasa perbaikan. Masalahnya.. harganya cukup mahal. Terkadang, barangnya juga harus indent dulu. Bahkan untuk ipad, harga LCD hampir sama dengan kita membeli ipad baru. Duh.. sedih hati juga nih harus mengeluarkan biaya segitu besarnya. Kalau saja saya gunakan anti gores, mungkin bisa menambah umur pemakaian sampai cukup waktu mengumpulkan uang untuk mengganti LCD yang baru.

Add a Comment