7 Film Indonesia Terbaik 2014

Jika ditanya apa saja film Indonesia terbaik 2014 tentu kita harus banyak mereview kembali film-film mana saja yang benar-benar menjadi tontonan yang berarti untuk kita di tahun 2014 ini. Tentunya bukan film biasa yang hanya menyajikan tema murahan melainkan sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang tidak hanya menyajikan sinematografi yang baik tapi juga berisi. Sehingga setelah kita menyaksikan film ini ada sesuatu yang bisa kita ambil atau simpulkan. Apalagi jika itu menjadi sesuatu yang menginspirasi kita hingga bisa melakukan sesuatu yang lebih baik dibandingkan dengan sebelum menontin film ini.

Berikut kami berikan beberapa film Indonesia terbaik 2014 yang memang layak untuk ditonton sebagai film terbaik di tahun 2014. Film yang berbeda hingga tidak hanya mendapat tanggapan positif dari pencinta film di Indonesia tapi juga para pengamat dan para pakar perfilman di Indonesia. Berikut ini film-film terbaik tersebut:

 

The Raid Berandal - 7 Film Indonesia Terbaik 2014

The Raid 2 (Berandal)

Film yang disutradarai oleh Gareth Evans ini adalah sekuel The raid -1. Sang Sutradara berusaha menyuguhkan film ini dengan banyak hal yang berbeda dari The Raid yang pertama. Mulai dari lokasi yang digunakan, hingga membangun halte busway yang dibuat khusus untuk dihancurkan dalam Film The Raid 2 ini. Begitupun dengan 10 buah mobil dan 2 buah motor sport yang harus hancur dalam film ini. Durasi yang terlalu lama hingga 2,5 jam justru membuatnya kalah saing dibandingkan film The Raid-1.

 

CAHAYA DARI TIMUR Beta MalukuCahaya dari Timur (Beta Maluku)

Tidak semua kisah nyata yang menginspirasi ternyata sukses menarik hari para penikmat film hingga menjadi salah satu film Indonesia terbaik 2014. Alasannya tentu karena tidak sedikit pula film yang mengangkat kisah nyata yang inspiratif dibuat asal jadi hingga hasilnya dirasa tidak maksimal. Berbeda dengan film yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini. Ceritanya disajikan secara apik hingga sungguh-sungguh mampu menginspirasi para penikmatnya dengan caranya yang halus.

 

Film Jalanan - 7 Film Indonesia Terbaik Jalanan

Film ini adalah film yang memotret realita kota Jakarta. Khususnya mengenai kehidupan mereka para pengamen jalanan lengkap dengan segenap problematika yang dibawanya. Mulai dari kerasnya kehidupan dijalanan hingga romantika yang terjadi di dalamnya.

 

Film dokumenter ini disutradarai oleh Daniel Zif yang dengan jeli melihat Jakarta dari ketiga tokohnya yang memang pengamen jalanan yaitu Ho, Titi, dan Boni. Itulah sebabnya film ini masuk dalam salah satu film Indonesia terbaik 2014.

 

Tabula RasaTabula Rasa

Karya perdana Sutradara Adriyanto Dewo ini sungguh merupakan debut yang tidak main-main. Bukan tentang masakan semata melainkan tentang manusia. Bagaimana ikatan Ibu dan anak dapat terjalin hanya berawal dari sebuah masakan yang disajikan Emak yang diperankan oleh Dewi Irawan dengan Hans, diperankan oleh Jimmy Kobogou ini. Bagaimana sosok Hans dapat menjadi pengganti anak untuk tokoh Emak dan berbagai konflik yang terjadi dalam diri Hans maupun Emak.

 

Killers 2014 Film terbaikKillers

Film action yang menceritakan tentang dua orang pembunuh lengkap dengan kesadisan pembunuhan yang mereka lakukan. Sebuah film psikologi yang terus mempertanyakana adanya hasrat membunuh pada setiap orang yang terus mengusik kedua pembunuh bayaran ini. Berbagai adegan berlumuran darah dan kekerasan memastikan bahwa film ini adalah film untuk dewasa. Mereka yang sudah matang dalam hal pemikiran hingga tidak mencerna film ini mentah-mentah untuk hiburan semata melainkan juga untuk menjadi bahan pemikiran.

 

Senyap The Look of SilenceSenyap (The Look of Silence)

Ini adalah flm yang juga bisa dikatakan terbaik di tahun 2014. Project film yang dikerjakan oleh orang asing ini ternyata memang berusaha menggugah memory kita pada kejadian yang terjadi di tahun 1965. Sebuah tragedi yang ternyata masih menyisakan trauma pada orang Indonesia. Bagaiman kerabat para korban yang dibunuh pada tahun 1965 ini mencari tahu apa yang terjadi saat tragedi ini berlangsung. Termasuk upaya mereka untuk menjumpai para pembunuh.

Sebuah rekonsiliasi yang dipertontonkan untuk para penonton. Untuk membuka mata kita akan apa yang sesungguhnya terjadi dalam tragedi tahun 1965 ini. Namun rupanya tidak semua masyarakat dapat menerima film ini begitu saja. Walaupun dukungan resmi dari Komnasham namun tetap saja masih terjadi penghalang-halangan ditayangkannya film ini di bioskop. Rupanya hanya mereka yang diyakini dapat menerima film ini yang diperbolehkan untuk menonton tayangan film yang setimewa ini.

 

Selamat Pagi MalamSelamat Pagi Malam

Film yang disutradarai oleh Lucky Kuswandi ini berhasil menyajikan karya terbaiknya. Kisah 3 orang wanita yang diperankan oleh Adinia Wirasti sebagai Gia, Ina Panggabean sebagai Indri, dan Ci Surya yang diperankan oleh Dayu Wijayanto. Bagaimana pertemuan mereka dalam semalam yang dapat mengubah hidup mereka masing-masing. Bagaimana mereka memandang kehidupan di Jakarta pada saat ini serta berbagai pesan yang menggah hati serta menampar diri kita. Hingga pagi menjelang dan saatnya mereka mengucapkan selamat Pagi pada malam yang telah berhasil mengubah mereka.

Itulah 7 film yang masuk menjadi Film Indonesia terbaik 2014. Jika masih penasaran untuk mengetahui bagaimana detil filmnya Anda bisa cari DVD nya yang tentu sudah banyak beredar di toko-toko DVD kesayangan Anda. Jangan lupa beli yang asli ya, karena itu berarti Anda menjadi bagian dari pencinta film dan pendukung kemajuan perfilman Indonesia.***

sumber foto: wikipedia

Add a Comment