4 Gunung Meletus Terdahsyat di Indonesia

Gunung meletus di Indonesia adalah hal yang biasa terjadi. Mengingat di Indonesia terdapat jajaran gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Letusanpun terjadi tidak hanya sekali tapi berkali-kali bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Namun tentu kita tidak mungkin mengingat semuanya karena memang begitu banyak dan seringnya bencana ini terjadi di wilayah Indonesia. Berikut ini akan kami uraikan tentang 4 letusan gunung terdahsyat di Indonesia.

 

4 letusan gunung terdahsyat di Indonesia

 

Toba Supervolcano

Gunung meletus terdahsyat di Indonesia

 

Letusan ini terjadi puluhan ribu tahun yang lalu. Salah satu ledakan terdahsyat yang hampir memusnahkan seluruh umat manusia. Letusan ini disusul dengan tsunami hampir mirip seperti yang dikisahkan oleh Plato tentang musnahnya Benua Atlantis. Bisa jadi ini adalah salah satu gunung meletus yang dimaksud. Jika dibandingkan dengan meletusnya gunung Krakatau yang terjadi pada tahun 1883 maka letusan Gunung Krakatau sama sekali belum ada apa-apanya.

Letusan ini memuntahkan sekitar 2800 Km kubik abu yang menyebar seluruh atmosfir yang berada di sekitarnya. 5000 hingga 10.000 orang telah musnah menjadi korban salah satu gunung meletus di Indonesia yang paling dashsyat ini. Letusan ini ternyata diperkirakan masih sangat mungkin untuk terulang kembali. Ini berdasarkan pendapat Prof Ray Cas yang merupakan seorang ahli Vulkanologis. Letusan tersebut menurutnya dapat terjadi 10.000 hingga 100.000 tahun lagi. Itulah sebabnya saat ini berada pada posisi aman.

 

Gunung Tambora

Gunung Tambora Meletus Dahsyat di Indonesia
sumber:
http://palacedelinfo.xooit.eu/t1945-MONT-TAMBORA.htm

Puncak aktivitas dari Gunung Tambora terjadi pada bulan April tahun 1815. Letusan dengan skala 7 pada Volcanic Explosif Index (VIR) menjadi letusan terbesar setelah meletusnya danau Taupo di Slandia Baru yang terjadi di tahun 1810. Saking dahsyatnya letusannya terdengar hingga lebih dari 2000Km. Itulah sebabnya mereka yang berada di Pulau Sumatra juga bisa mendengar letusan gunung ini. Sementara abu vulkaniknya tersembur hingga ke Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku.

Kedahsyatan letusannya sebagai salah satu gunung meletus di Indonesia membuat terjadinya perubahan iklim di Eropa. Alhasil setahun setelah letusan Gunung Tambora ini, Eropa maupun Amerika tidak mengalami musim panas. Korban kematian akibat letusan Gunung Tambora ini mencapai 71.000 jiwa. 12.000 diantaranya tewas pada saat gunung itu meletus sebagai salah satu akibat dari letusan dahsyat ini.

 

Gunung Maninjau

Gunung Maninjau - Meletus Dahsyat di Indonesia

“Danau Maninjau” by http://www.flickr.com/photos/doniismanto/ – http://www.flickr.com/photos/doniismanto/4684064487/sizes/l/in/photostream/. Licensed under CC BY 2.0 via Wikimedia Commons – https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Danau_Maninjau.jpg#/media/File:Danau_Maninjau.jpg

Gunung Maninjau sekarang lebih dikenal dengan Danau Maninjau.

Gunung Maninjau yang berada di Sumatera barat adalah salah satu gunung meletus di Indonesia terdahsyat lainnya. Letusannya menyisakan Kaledra Maninjau sejak 52.000 tahun yang lalu. Berada pada ketinggian 461,50 meter dengan luas hingga 99,5 Km². Kedalaman sisa letusannya hingga 495 meter yang berbentuk cekungan akibat letusan Gunung Maninjau Purba.

Letusan dahsyat ini terjadi pada 60.000 tahun yang lalu yang menyemburkan debu vulkanik hingga radius 75Km dari pusat letusan. Letusan yang berlangsung hingga 3 kali membentuk Danau Maninjau yang dapat kita lihat sekarang. Letusannya tidak main-main karena benar-benar letusan besar yang menyisakan cekungan di danau Maninjau yang sambung menyambung hingga semakin dalam dan semakin luas seperti sekarang ini.

 

Gunung Krakatau

Letusan Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan letusan Gunung Krakatau sebagai salah satu gunung meletus di Indonesia. Kekuatan ledakannya bahkan diperkirakan 30.000 kali ledakan bom atom di Hirosima dan Nagasaki ketika Perang Dunia ke II. Akibatnya Dunia sempat gelap hingga dua setengah hari gegara abu vulkanik yang merupakan imbas dari letusan Gunung Krakatau ini.

Kedahsyatan letusannya terdengar hingga jarak 4.653 Km. Mereka yang berada di Alice Spring Australia dan Pulau Rodrigues yang berdekatan dengan Afrika bisa mendengar letusannya. Selain letusannya, tsunami yang menyertainya mampu menenggelamkan Gunung Krakatau itu sendiri hingga menewaskan 36.000 orang. Krakatau tenggelam akibat letusannya sendiri terjadi pada tahun 1883 tepatnya tanggal 26-27 Agustus. Menjadi sejarah tak terlupakan terutama untuk para penduduk yang berada di sekitar Selat Sunda.

Krakatoa Map

“Krakatoa evolution map-en” by Krakatoa_evolution_map-fr.gif: Sémhurderivative work: Morn – This file was derived from: Krakatoa evolution map-fr.gif:. Licensed under CC BY-SA 3.0 via Wikimedia Commons – https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Krakatoa_evolution_map-en.gif#/media/File:Krakatoa_evolution_map-en.gif

sumber: wikimedia

 

Itulah 4 buah gunung meletus di Indonesia yang letusannya teramat sangat dahsyat. Sejarah alam yang tidak hanya menjadi catatan kita sebagai bangsa Indonesia melainkan dunia. Mengingatkan kita bahwa Indonesia memiliki banyak rangkaian pegunungan yang masih aktif dan suaktu waktu siap meletus. Oleh karena itu sedianya pemerintah dan masyarakat yang berada di sekitar kaki gunung selalu waspada akan potensi bencana yang ada.

Menggunakan teknologi canggih untuk mendeteksi adanya kemungkinan gunung meletus adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan. Dengan begitu diharapkan dapat memeperkecil kemungkinan korban jiwa yang berjatuhan. Selain itu peranan kita sebagai manusia yang hidup berdampingan dengan alam sebaiknya terus menjaga kelestarian alam agar simbiosis tetap seimbang sehingga tidak mempercepat bencana itu datang. Satu hal yang harus kita ingat bahwa bencana gunung meletus di Indonesia bukanlah satu-satunya bencana yang harus kita waspadai. Ketamakan manusia dalam mengeruk alam tanpa memperhatikan kelestariannya juga menjadi ancaman yang tak kalah besarnya dengan gunung meletus.***

3 Comments

Add a Comment