6 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Film Indonesia terbaik sepanjang masa adalah film-film terbaik yang selalu diingat sepanjang masa. Begitupun para pemainnya terutama tokoh utama yang menjadi pemeran yang juga tak pernah dilupakan sepanjang masa. Mungkin tidak semua generasi pernah menonton film ini. Namun seingat saya 6 film ini termasuk film yang cukup membekas dihati penonton Indonesia. Hingga judul filmnya, pemainnya masih selalu diingat sepanjang masa. Inilah 6 film tersebut:

Badai Pasti Berlalu 1977 Film Indonesia terbaik sepanjang masa

Badai Pasti Berlalu

Film yang keluar tahun 1977 ini menjadi karya film Indonesia terbaik sepanjang masa bukan hanya karena ceritanya saja melainkan karena film ini memang digarap secara sungguh-sungguh. Diperankan oleh pemeran yang juga tidak main-main dalam memerankan karakternya. Hingga kisah patah hati yang kelam digambarkan menjadi sesuatu yang luar biasa. Bagaimana kepahitan demi kepahitan yang dialami oleh Siska dalam mendapatkan cinta dan juga rasa percaya kepada makhluk yang bernama laki-laki.

 

Tjoet Nja' Dhien - Tjoet Nyak DienTjoet nja’ Dhien

Tokoh Tjoet Nja’Dhine pada Film “Tjoet Nja’Dhien” yang keluar tahun 1986 diperankan dengan apik oleh salah satu pemeran film terbaik di Indonesia. Dialah Christine Hakim yang memerankan tokoh ini dengan sangat baik. Begitipun para tokoh pendukung lainnya. Film ini mengisahkan bagaimana perjuangan Cut Nja’ Dhien sebagai istri Teuku Umar yang akhirnya mengambil peran sebagai pemimpin setelah kematian suaminya. Ia yang dengan kekurangannya keras hati untuk terus berjuang demi bangsa. Hingga akhirnya ia diasingkan dan meninggal di Pulau Jawa.

 

Naga Bonar Dedy MizwarNaga Bonar

Film ini keluar pada tahun yang sama dengan film sebelumnya yaitu tahun 1986. Berlatar tentang masa-masa kemerdekaan di Indonesia dari penjajahan Belanda. Kisah unik tentang Naga Bonar yang tiada lain adalah seorang pencopet yang sering keluar masuk penjara Jepang yang akhirnya menjadi pahlawan pembela Kemerdekaan. Naga Bonar yang kocak namun patriotik diperankan dengan sangat baik oleh Dedy Mizwar sementara pujaan hatinya yaitu Kirana diperankan dengan manis oleh Nurul Arifin.

Di dalamnya tidak hanya ada kelucuat tapi juga kesadaran penuh bahwa mantan pencopetpun memiliki jiwa kebangsaan yang kokoh dan tidak ingin bangsanya dijajah kembali oleh Belanda. Hingga akhirnya ia menjadi pemimpin perang melawan Belanda di Medan hingga berhasil memenangkan peperangan tersebut.

 

Taxi Rano Karno Taxi (Taksi)

Taksi adalah salah satu film tahun 1990-an yang termasuk film Indonesia terbaik sepanjang masa. Walaupun berjudul sama dengan film holywood, ceritanya berbeda. Taksi bercerita tentang seorang bayi yang ditinggalkan seorang penyanyi terkenal di dalam Taksi dengan supir bernama Giyon yang diperankan oleh Rano Karno.

Sementara sang artis diperankan dengan baik oleh Meriam Belina sebagai Desi. Konflikpun terjadi ketika kabar beredar bahwa sang anak yang ditinggal di Taksi adalah buah cinta antara Giyon yang sopir taxi dengan Desi penyanyi terkenal. Di sinilah konflik dimulai dan menjadikan ceritanya semakin menarik.

 

Ada Apa dengan Cinta - Film  Terbaik sepanjang masaAda Apa dengan Cinta

“Ada Apa dengan Cinta” muncul di pembuka tahun 2001. Sebuah film yang tak bosan untuk ditonton berulang kali. Film yang berkisah tentang percintaan di masa SMA beserta sekelumit permasalahannya. Dalam hal ini tentang persahabatan Tokoh Cinta dan keempat sahabatnya. Bagaimana dilema yang harus ia hadapi saat dua kepentingan membuatnya harus memilih salah satunya.

Antara rasa cintanya terhadap Rangga atau sahabatnya. Memilih cinta atau persahabatan. Hingga akhirnya ia memilih persahabatan yang terpenting dan menjauh dari Rangga. Namun ternyata ia juga tidak bisa mengabaikan perasaannya terhadap Rangga. Untunglah keempat sahabatnya akhirnya mengerti apa yang berkecamuk dalam hati Cinta. Mereka mendukung Cinta untuk menunjukan perasaannya pada Rangga walaupun terlambat karena Rangga harus melanjutkan sekolahnya ke Luar Negeri. Namun ia berjanji ia akan pulang pada purnama berikutnya. Akhir cerita yang manis yang selalu terkenang sepanjang masa.

 

Gie - Film Indonesia terbaik sepanjang masaGie

Film ini adalah film bergenre baru setelah film bak jamur di musim penghujan dengan temanya yang seragam. Akhirnya tahun 2005 pencinta film Indonesia dapat menikmati fim rasa baru. Film yang berlatar kekuasaan Soekarno di awal pemerintahannya. Bagaimana kediktatorannya dan juga bawahan-bawahannya yang korup dan menyalahgunakan kekuasaan dan kedaulatan mereka terutama terhadap rakyat miskin.

Gie yang sedari kecil sudah gemar membaca buku-buku yang berat terutama mengenai masalah idealisme membuatnya anti akan ketidak adilan sosial.

Itulah sebabnya pemikirannya berada jauh di depan teman-teman seusianya. Hingga seringkali terjadi konflik dalam pertemananya yang tidak pernah mengerti jalan pemikirannya. Hingga akhirnya ia menjadi seorang penulis yang seringkali mengkritik pemerintahan dan berbagai ketidakadilan yang terjadi pada masa itu. Nicholas Saputra berhasil memerankan sosok So Hok Gie dengan baik hingga film ini bisa menarik hati penonton. Karena walau bagaimanapun Gie tetaplah sosok pemuda dengan segala hobinya sama seperti pemuda lain seusianya.

Itulah keenam film Indonesia terbaik sepanjang masa yang sudah pasti layak untuk menjadi tontonan sehat untuk Anda dan keluarga. Film yang tidak bosan untuk ditonton berulang kali dan selalu meninggalkan kesan untuk para penontonnya. Mari kita dukung dunia perfilman Indonesia dengan menonton film-film Indonesia yang bermutu tentunya. Jika bukan kita yang menghargai perfilman Indonesia siapa lagi?***

 

 

Add a Comment